Sehari Jaring 400 Pelanggar

331
OPERASI ZEBRA : Kapolres Demak AKBP Raden Setijo Nugroho saat memimpin apel operasi zebra di Mapolres Demak, kemarin. (Wahib pribadi/radar semarang)
OPERASI ZEBRA : Kapolres Demak AKBP Raden Setijo Nugroho saat memimpin apel operasi zebra di Mapolres Demak, kemarin. (Wahib pribadi/radar semarang)

DEMAK- Operasi zebra yang digalakkan Polres Demak mampu menjaring banyak pelanggar lalu lintas di jalan raya. Dalam sehari saja, petugas Satlantas menangani 400 pengendara sepeda motor yang tidak mentaati peraturan lalu lintas. Mereka pun ditilang.

Kapolres Demak AKBP Raden Setijo Nugroho melalui Kasatlantas AKP Andriyanto mengatakan, pelanggar lalu lintas didominasi PNS, pelajar dan karyawan atau buruh perusahaan. Mereka diketahui melanggar marka jalan, rambu-rambu dan tidak melengkapi dengan surat jalan. “Karena itu, kita langsung tilang,” katanya.

Dalam penindakan itu, pelanggar lalu lintas banyak yang tidak mengenakan helm pengaman. Pelanggar tertinggi ditemukan diwilayah Kecamatan Demak Kota, Mranggen dan Sayung. Dia menambahkan, dalam operasi zebra yang berlangsung hingga 9 Desember mendatang ini, pihaknya menargetkan bisa menjaring 2.800 pelanggar lalu lintas.

Kasubag Humas AKP Zamroni mengatakan, operasi zebra dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas dan menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2015. “Selain penindakan di lapangan sebelumnya juga dipasang puluhan spanduk,” katanya. (hib/ric)