Dosen Dikibuli Bule Afrika

263

BARUSARI – Seorang dosen salah satu universitas di Kota Semarang, berinisial HT, 49, menjadi korban penipuan sehingga uang Rp 450 juta amblas. Pelakunya adalah dua bule asal Afrika di Hotel Aston Jalan MT Haryono Nomor 1 Semarang.

Atas kejadian itu, warga yang tinggal di Jalan Mundu Permai II F 1 No 5 Sambiroto, Tembalang, Semarang ini, terpaksa melaporkan kejadian penipuan yang menimpanya kepada pihak berwajib. ”Kejadiannya Jumat 28 November 2014 sekitar pukul 18.30,” kata HT kepada petugas di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, kemarin.
Terlapornya adalah dua pria berkebangsaan Afrika, yang mengaku bernama Frank dan Dico Americo. Korban merasa ditipu oleh dua bule tersebut. ”Kerugiannya Rp 450 juta,” kata HT.

Penipuan ini bermula saat korban diajak bertemu oleh dua terlapor di Hotel Aston pada Jumat petang (28/11). Pertemuan tersebut terkait rencana kerja sama bisnis. Entah apa sebabnya, korban menurut saja atas apa yang diomongkan oleh dua terlapor. Termasuk saat diminta menyerahkan uang Rp 450 juta tersebut kepada dua terlapor.

Hingga pada Sabtu (29/11) malam, korban baru sadar telah menjadi korban penipuan. Akhirnya, sekitar pukul 19.00, korban memilih menuju kantor polisi untuk melaporkan tindak pidana penipuan yang diduga bermodus gendam tersebut.
Kasus bernomor LP/B/1874/XI/2014/Jateng/Restabes ini hingga petang kemarin masih diselidiki oleh tim Reskrim Polrestabes Semarang, untuk berusaha menangkap pelaku. (mg5/ida/ce1)