Honorer K2 Belum Lolos Didata Ulang

356

DEMAK- Honorer K2 yang belum lolos seleksi PNS akan didata ulang. Ini dilakukan sebagai bahan analisis pertimbangan dalam perumusan kebijakan pemerintah selanjutnya. Hingga kini belum diketahui secara pasti, bagaimana arah kebijakan pemerintah nantinya.

Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Demak, Windu Sunardi. Menurutnya, honorer K2 yang belum lolos bukan berarti bermasalah. Yang tidak lolos, tetap digaji Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. “Yang penting diingat bagi honorer K2 yang belum lolos itu jangan sampai galau atau putus asa. Dalam kondisi seperti ini jangan mudah percaya pada orang yang berjanji macam-macam,” katanya.

Windu menambahkan, sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men PAN) B.2605/MPAN.RB/6/2014 tertanggal 30 Juni 2014 tentang penanganan tenaga honorer K2 yang tidak lolos tes seleksi disebutkan bahwa, mereka akan didata ulang. Terkait hal ini, BKD Demak telah merespon surat Men PAN tersebut dengan cara mengirimkan data honorer K2 yang tidak lolos tersebut ke SKPD masing-masing. “Karena itu, kita tunggu respon balik dari SKPD terkait,” jelasnya.

Seperti diketahui, honorer K2 yang ikut seleksi PNS sebelumnya tercatat ada 1.726 orang. Namun, dari jumlah itu yang lolos seleksi hanya 559 orang dan yang dipersoalkan ada 40 orang. Hanya saja, setelah dicek atau verifikasi ulang yang terbukti bermasalah hanya 26 orang honorer. Dengan demikian, tenaga honorer K2 yang lolos seleksi tinggal 533 orang. “Jumlah itu sudah klir. Meski begitu, bila dalam perjalanan ada indikasi ketidakbenaran, maka bisa dibatalkan,” katanya.

Menurut Windu, dari honorer yang lolos seleksi itu, 280 orang diantaranya telah ada nota persetujuannya untuk penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP). Sedangkan, sisanya masih dalam proses di Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Untuk SK-nya masih menunggu jika nota persetujuannya sudah selesai,” imbuhnya. (hib/ric)