Peserta Seleksi Membludak

348

SEMARANG – Antusiasme peserta seleksi futsal PraPON di wilayah Semarang dan sekitarnya tinggi. Hingga saat ini, sudah lebih dari 150 peserta ambil formulir pendaftaran di Kantor Sekretariat PSSI Jateng, Komplek Stadion Citarum. Jumlahnya masih dapat bertambah hingga hari pelaksanaan.

Hal itu diungkapkan Koordinator PraSeleksi Wilayah Semarang Suyatno, kemarin. Pihaknya memang tidak membatasi jumlah peserta seleksi. Semua pemain boleh berpartisipasi. Tidak ada persyaratan khusus, yang harus dipenuhi hanya kelahiran 1993 hingga 1997.

”Untuk dua daerah lain, Purwokerto dan Solo sudah selesai digelar. Tinggal pra-seleksi terakhir yang rencananya berlangsung di Semarang. Setelah ini, pemain hasil pra-seleksi, akan kembali disaring di Semarang pada 12-14 Desember,” ujarnya.

Panitia telah menunjuk GOR Satria sebagai tempat penyelenggaraan seleksi. Nantinya para peserta akan dilihat kemampuannya mulai Jumat (5/12) hingga Minggu (7/12). Seleksi berlangsung mulai pukul 08.00 pagi hingga selesai di tiap harinya.

Ada lima aspek yang menjadi bahan penilaian. Pertama ketahanan pemain dalam VO2 Max, keterampilan teknik, psiko tes, fitness testdan game situation. Bila hal itu dapat dilewati dengan baik, peluang untuk masuk tim Jateng cukup besar.
”Banyak klub dan kejuaraan futsal di Kota Semarang. Hal itu telah mendorong pembinaan atlet futsal. Mereka telah berlatih rutin di klubnya masing-masing. Adapun kejuaraan menjadi wadah bagi atlet mengaplikasikan hasil latihan, mengasah kemampuan dan menambah jam terbang,” imbuhnya.

Seleksi itu akan dipantau oleh Wilander Wilmarsson yang ditunjuk sebagai pelatih Jateng. Dia telah menangani Jateng pada PON di Riau 2012 lalu. Sedangkan Suyatno ditunjuk oleh BFD untuk mengawal pra seleksi di Semarang dan juga pada proses seleksi tahap kedua.

PSSI Jateng sendiri menargetkan agar futsal kembali lolos PraPON. Bila pada PON Riau 2012 lalu gagal meraih medali, mereka bertekad masuk tiga besar pada PON 2016 di Bandung. Karena itu, persiapan dilakukan jauh-jauh hari agar tim semakin matang dan kompak. (bas/zal)