Tak Ada Perubahan Persyaratan

317
BASKORO S/RADAR SEMARANG
BASKORO S/RADAR SEMARANG
BASKORO S/RADAR SEMARANG

SEMARANG – Ketua Tim Penjaringan Calon Ketua Umum KONI Jateng John Richard Latuihamallo menegaskan, tak ada perubahan dalam persyaratan untuk menjadi ketua KONI dalam Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) di Hotel Patra Semarang, 6 Desember mendatang.

“Tak ada perubahan, tetap sama sesuai dengan rapat bersama panitia pelaksana dan panitia pengarah Musorprovlub,” kata John usai rapat koordinasi Musorprovlub di kantor KONI Jateng, Semarang, Selasa (2/12).

Dikatakan dia, pendaftaran dibuka sampai Jumat (5/12) hingga pukul 13.00 dan langsung diverifikasi oleh tim penjaringan. Pada hari itu, pukul 16.00, hasil verifikasi calon akan diumumkan secara langsung ke media. ”Kami tak bisa memverifikasi sekarang, apakah lolos atau tidak. Kita tunggu pendaftaran hingga Jumat nanti,” kata pengacara kondang tersebut.

Di bagian lain, Ketua Panitia Musorprovlub Sukahar menjelaskan, bahwa pihaknya mengundang 35 KONI kabupaten/kota dan 55 induk olahraga dari pengprov/badan fungsional.

Sejauh ini, kata Kahar, pelaksanaan Musorprovlub sesuai dengan rencana yaitu 6 Desember. Musorprovlub hanya mengagendakan acara tunggal yaitu pemilihan ketua umum KONI antarwaktu. ”Kami sudah menyusun mekanismenya, tata tertibnya. Kami tak ingin berpolemik soal tata tertib, aturan main pemilihan ketua nanti. Kita tunggu pelaksanaan Musorprovlub,” katanya.

Sementara hingga saat ini tercatat lima nama telah resmi terdaftar sebagai bakal calon Ketua Umum KONI Jateng. Kelimanya adalah Hartono, Ronny Guritno, Darwito, Andreas Budi Wiroharjo dan terakhir adalah Daniel Toto Indiono.
Salah satu bakal calon ketua umum, Daniel Toto ditemui kemarin mengklaim hingga kini pihaknya telah mendapatkan dukungan sebanyak delapan KONI Kab./Kota maupun Pengprov beberapa cabor,” Mudah-mudahan nanti menjelang Musorprovlub semakin banyak,” katanya.

Pihaknya juga membantah kabar miring yang beredar dimana Gubernur Jateng Ganjar Pranowo turut intervensi dalam bursa pemilihan ketua KONI Jateng dalam Musorprovlub mendatang.”Saya sudah menghadap beliau (Ganjar), dan menyatakan tidak akan ikut intervensi,” kata Daniel, usai mengambil formulir di Sekretariat KONI Jateng kompleks GOR Jatidiri, kemarin.

Daniel ditemui kemarin juga mengaku tidak mempermasalahkan persyaratan khusus yang ditetapkan oleh panitia penjaringan dimana calon ketua umum juga harus pernah menjadi pengurus inti di salah satu cabor tingkat Provinsi sekurang-kurangnya satu periode.

“KONI memerlukan manajerial keolahragaan yang khusus. Selain itu soal pilihan pergantian antarwaktu menurut saya juga cukup tepat karena dalam waktu dekat Jateng akan menghadapi event-event besar seperti Pra PON 2015 dan PON 2016,” tegas Ketua Bidang Pendidikan dan Penataran KONI Jateng itu. (bas/zal)