Buang Motor Curian di Alaska

395

BARUSARI – Pelaku pencurian motor di Mal Paragon Jalan Pemuda Semarang, diketahui membuang motor hasil curiannya di Alas Karet (Alaska) atau Hutan Karet, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Yakni, motor Honda Vario H 5567 EQ milik Dedy Hartadi ST, 44, warga Jalan Pamularsih Barat VIII Nomor 30 Semarang, yang hilang pada Sabtu (6/12) lalu, sekitar pukul 13.00, di parkiran resmi Mal Paragon.

Saat ditemukan, posisinya terparkir di dalam semak-semak yang masih dalam kondisi utuh. Di atas motor terdapat helm yang diduga milik pelaku. ”Ditemukan Minggu pagi (7/12) oleh warga di sekitar lokasi Alaska. Warga mengetahui kalau motor itu hasil curian dari pemberitaan media. Saya sudah cek, benar itu motor milik saya,” kata Dedy Hartadi kepada wartawan di Mapolrestabes Semarang, Senin (8/12).

Diduga, pelaku ketakutan karena jejak pencurian yang dilakukannya ketahuan. Lantas menyembunyikan motor tersebut di hutan karet. ”Penemuan oleh warga itu kemudian dilaporkan ke Mapolsek Mijen. Saat ini sudah diamankan di Polsek Mijen,” kata Dedy.

Kendati demikian, mengenai siapa pelaku pencurian motor tersebut belum diketahui. Dikatakan Dedy, sebenarnya tim Reskrim Polrestabes Semarang, sebelum motor ditemukan, telah menyeret dua orang yang dicurigai sebagai pelaku. Namun belum cukup bukti untuk dilakukan penahanan, sehingga keduanya dilepaskan. ”Salah satunya berstatus guru yang tinggal di daerah Kaliwungu Kendal. Saya belum tahu apakah terkait dengan itu atau bukan,” imbuhnya.

Terpisah, Kapolsek Mijen Kompol Suratmin saat dikonfirmasi membenarkan penemuan motor di Alaska atau hutan karet Mijen. ”Besok motornya kami limpahkan ke Mapolrestabes Semarang untuk ditelusuri lebih lanjut, karena laporannya di sana,” ujar Suratmin.

Pihaknya telah meminta kepada korban untuk memberikan kopian lembar laporan resmi serta surat-surat kendaraan miliknya. ”Tidak ada masalah,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, motor Honda Vario milik Dedy Hartadi ST, hilang pada Sabtu (6/12) lalu, sekitar pukul 13.00, di parkiran resmi Mal Paragon. Diduga pelaku beraksi dengan cara menukarkan formulir keterangan kehilangan tiket parkir. Korban yang berusaha menelusurinya berhasil mendapatkan 1 lembar formulir keterangan kehilangan tiket parkir.
Dalam formulir tersebut tertulis identitas, Noer Ahmad Tamam, warga Katon Sari No 45 RT 6 RW 1, Demak dengan nomor STNK 8940558. Motornya Yamaha Seon warna putih Nopol 2370 UJ tahun 2014. ”Identitas tersebut diduga ada kaitannya dengan pelaku,” kata Dedy saat melapor.

Asumsi Dedy, sebut saja pelakunya dua orang, yakni pelaku A dan pelaku B. Pelaku A berperan mengajukan permohonan surat kehilangan karcis parkir kepada petugas parkir (berpura-pura karcis parkir hilang). Setelah mendapatkan surat tersebut, karcis parkir asli milik pelaku A diserahkan ke pelaku B. Kemudian pelaku B keluar dengan menggunakan karcis parkir asli milik pelaku A.

Sebab, lanjut Dedy, sistem di lokasi parkir Mal Paragon, hanya dengan menunjukkan karcis parkir saja bisa keluar dengan bebas, tanpa menunjukkan STNK. Sedangkan pelaku A jika dicek petugas parkir, akan menunjukkan surat kehilangan karcis parkir dan juga bisa menunjukkan STNK motor miliknya. Padahal, pelaku B telah lolos membawa motor curian tersebut. ”Aksi pencurian itu bisa dilacak melalui CCTV yang terpasang di area parkir tersebut. Saya sudah menanyakan bila di lokasi parkir itu terpasang CCTV.” (mg5/ida/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.