Pastikan Jateng Bebas Nelayan Asing

316

TANJUNG EMAS – Meski ramai adanya pembakaran nelayan asing yang melakukan pencurian ikan ke wilayah perairan Indonesia, namun wilayah perairan Jateng dipastikan aman. Meski wilayah perairan terbilang luas, namun belum ditemukan adanya nelayan asing.

”Ini karena wilayah laut di Jateng tidak berbatasan secara langsung dengan perbatasan negara lain,” kata Direktur Polisi Perairan (Dir Polair) Polda Jateng, Kombes Pol Edison Sitorus, kepada wartawan di sela acara tasyakuran ulang tahun Polairud yang ke-64 di Mako Ditpolair Polda Jateng, Senin (8/12).

Kendati begitu, kata Edison, Jateng yang memiliki wilayah perairan cukup luas tetap dibutuhkan pengawasan ekstrakeras. Sedangkan hambatannya masih terkait keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki.
”Kami membutuhkan sarana dan prasarana tambahan untuk menunjang kinerja kepolisian guna mendukung program pemerintah pusat. Sudah kami ajukan penambahan sarana dan prasarana,” katanya.

Sejauh ini, Dit Polair mendapat bantuan operasional dari Mabes Polri berupa dua unit kapal tipe A beserta personel. ”Harapan kami, atas penambahan itu bisa mendukung strategi poros maritim,” imbuhnya.

Sementara itu, sejumlah purnawirawan Polair juga tampak hadir dalam acara tasyakuran HUT Polair tersebut. Selain memberikan santunan kepada para purnawirawan, sejumlah pemenang lomba yang dihelat Polair beberapa waktu lalu juga diberikan hadiah dan penghargaan. Di antaranya pemenang lomba futsal, tarik tambang, perahu dayung, dan renang. (mg5/ida/ce1)