Sukses Hadapi Tamu Galak

413
Erica Adelia. (Hanafi/radar semarang)
Erica Adelia. (Hanafi/radar semarang)

Bekerja di bidang perhotelan menuntut banyak pegawainya untuk beradaptasi dan bisa melayani berbagai karakter konsumen. Dari yang bersikap normal sampai ekstrim. Hal tersebut juga dialami Erica Adelia, Sekretaris GM Namira Hotel Pekalongan.

“Mengawali karir di hotel, saya jadi front office di Mandarin Hotel Pekalongan (sekarang Sahid Mandarin Hotel). Sebagai orang terdepan melayani tamu tentu banyak hal menarik yang saya dapatkan,” ucap alumni SMKN Pekalongan jurusan Perhotelan tahun 2012 ini.

Sebenarnya ungkap Erica, selepas lulus sekolah dirinya kerja di salah satu pusat kebugaran di Pekalongan. Walaupun hanya dua bulan saja, namun dianggapnya cukup berkesan. Sebelum mendapat jabatan sebagai Resepsionis di Hotel Mandarin pada November 2012, dirinya sempat bekerja sebagai kasual, keliling beberapa hotel di Pekalongan. “Hal yang paling berkesan saat jadi front office cukup banyak. Tapi seringnya saat awal dimarahi tamu hotel. Saya cukup sedih dan sempat menangis cukup lama,” kenangnya.

Diceritakan Erica, suatu waktu dirinya kerja shift pagi. Ternyata ada salah satu konsumen yang salah penempatan kamar oleh bagian housekeeping yang jaga malam. “Costumer saya check in malam, paginya kaget harganya kemahalan. Ternyata dia mendapat kamar yang lebih mahal. Bukan kamar yang biasa dia sering check in,” tandasnya.

Awalnya Erica menjadi minder, karena sering dimarahi tamu. Namun dirinya terus bangkit dan bahkan bisa menjadi lebih baik. Bahkan dirinya dikenal sebagai penakluk malaikat maut. Karena bisa menghadapi salah satu customer yang cukup kejam terhadap karyawan hotel. “Dulu ada pelanggan kami, biasa check in walaupun kamar yang dipilih yang biasa tapi kalau protes dan mengkritik kami sangat keterlaluan. Bahkan teman-teman tidak ada yang mau menghadapinya. Tapi Alhamdulillah saya bisa mengatasi, dan bisa menagih tagihan hotel walaupun selama ini cukup sulit,” ucapnya bangga. (han/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.