Optimalkan Pasar Raya I

350

SALATIGA— Pemkot Salatiga mulai melakukan penataan parkir di area Pasar Raya I. Hal itu dilakukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Raya I untuk mempermudah akses pedagang dan pembeli. Sehingga transaksi di pasar tersebut menjadi nyaman dan diharapkan bisa ramai kembali.

Ketua UPTD Pasar Raya I Sigit Sudomo, mengatakan, untuk mengatasi sepinya pejalan kaki di dalam Pasar Raya I, Dinas Pasar berencana menjadikan gedung di belakang kantor UPTD sebagai lahan parkir. Teknisnya orang-orang yang parkir di belakang tempat baru tersebut, bakal diarahkan ke dalam pasar, agar pasar bisa ramai. “Kita kasihan dengan pedagang yang berjualan di dalam pasar. Masak, mereka berdagang hanya membayar retribusi, sedangkan dagangannya sepi. Oleh karena itu perlu terobosan agar pembeli mau masuk ke dalam pasar. Pekerjaan rumah kita banyak, pedagang yang sepi bukan hanya di dalam pasar, tapi juga di dalam pasar ayam. Solusi paling baik, memang membuat jalan tembus sehingga antara Pasar Raya I dengan Pasar Ayam bisa tergabung,” tuturnya.

Menurut Sigt, permasalahan paling mendasar tentang Pasar Raya I adalah lahan parkir dan bangunannya. Bangunan dari jalan juga tidak terlihat, sehingga pembeli urung untuk mampir ke dalam pasar. Di samping itu, harus ada pembatasan pasar modern, karena efeknya sangat besar terhadap perkembangan pasar modern. “Pasar modern itu kan milik satu orang. Dan pasar tradisional dihuni oleh banyak pedagang. Di samping itu, pemberlakuan jam buka, pasar tradisional juga kalah. Tapi bersyukur, karena target yang diberikan oleh Pemerintah Kota masih bisa kita penuhi, meskipun terseok-seok. Kita juga mendapat sertivikat dari Meteorologi dan Geofisika sebagai pasar tepat ukur,” tandasnya. (mg14/zal)