Targetkan 1.200 Agen

399

SEMARANG–Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah Semarang menargetkan 1.200 agen BRILink yang berasal dari 400 unit BRI di bawah wilayah Kanwil BRI Semarang. Hal itu sebagai bagian untuk mendukung program financial inclusion atau transaksi non tunai.

Kepala Kanwil BRI Semarang, Ahmad Chariul Ghanie mengatakan bahwa sebanyak 1.200 agen diharapkan setiap unit BRI bisa memiliki 3 agen BRILink. “Untuk menjaga transaksi dan meminimalisasi kendala, kami akan mengikutkan Satgas BRI yang bertugas keliling guna memastikan alat EDC BRI yang digunakan di masing-masing agen lancar digunakan,” katanya.

BRILink sendiri, menurut dia, adalah salah satu terobosan yang dilakukan Bank BRI guna mengedukasi pengetahuan dasar tentang pengelolaan keuangan melalui pemanfaatan produk yang ada dan layanan perbankan yang diberikan.

“Dengan adanya agen ini, diharapkan transaksi tunai di masyarakat bisa berkurang dan lebih memilih pengelolaan melalui perbankan. BRILink sendiri dijalankan menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) yang terhubung secara On-Line dengan sistem jaringan Bank,” ujarnya.

Dia menjelaskan, BRILink memiliki fungsi transfer, setor tunai maupun bayar listrik, telepon dan transaksi perbankan lainnya. Layanan dari agen BRILink adalah uang elektronik Bank BRI Tbank yang menggunakan nomor handphone yang dapat digunakan sebagai nomer rekening.

“Tbank dapat digunakan untuk transaksi tarik dan setor tunai maksimal lima juta rupiah melalui agen BRILink,” pungkasnya. (den/ida)