Jalan Protokol Banjir, Jazz Tertimpa Pohon

272

foto a (1)WEB

BANJIR LAGI: Banjir yang melanda Jalan Siliwangi Kalibanteng kemarin. (kanan) Mobil Honda Jazz warna biru yang dikemudikan Ny Wirawan tertimpa pohon tumbang di Jalan Jenderal Sudirman. (FOTO-FOTO: ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BANJIR LAGI: Banjir yang melanda Jalan Siliwangi Kalibanteng kemarin. (kanan) Mobil Honda Jazz warna biru yang dikemudikan Ny Wirawan tertimpa pohon tumbang di Jalan Jenderal Sudirman. (FOTO-FOTO: ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG- Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang selama dua jam lebih, Senin (4/5) siang, mengakibatkan sejumlah ruas jalan protokol dilanda banjir hingga menimbulkan kemacetan panjang. Selain itu, hujan disertai angin kemarin juga menumbangkan sejumlah pohon penuduh di tepi jalan.

Ketinggian banjir bervariasi antara 20 sentimeter hingga 50 sentimeter. Ketinggian air di Jalan Siliwangi arah Jakarta, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Piere Tandean, kawasan Simpang Lima, Jalan Pahlawan, Bundaran Banjir Kanal Barat, Jalan MH Thamrin, serta Jalan Gajahmada mencapai 20 sentimeter.

Sedangkan ruas jalan yang dilanda banjir dengan ketinggian mencapai 35 sentimeter lebih terjadi di Jalan Kaligawe, Jalan Muktiharjo Raya, Jalan Barito, Bundaran Bubakan, dan Kawasan Kota Lama. Akibatnya, sejumlah sepeda motor mogok saat menerjang genangan banjir.

Sunarto, 35, contohnya. Ia harus gigit jari lantaran motornya ngadat saat menerjang banjir di Jalan Kaligawe. Warga Sayung Demak ini mengakui, Jalan Kaligawe kerap tergenang banjir meski curah hujan tidak begitu deras.

“Hujan sedikit aja banjir, apalagi hujan deras seperti hari ini (kemarin, Red). Bahkan gara-gara genangan air ini, kemacetan panjang sering terjadi,” ujarnya.

Curah hujan yang tinggi kemarin juga membuat warga yang tinggal di wilayah rawan banjir waswas. Di antaranya, warga Kelurahan Mangunharjo, Mangkang Wetan dan Mangkang Kulon, yang dilintasi Sungai Beringin. “Warga waswas, apalagi sedimentasi Sungai Beringin belum dikeruk,” kata Wakil Ketua RW 1 Kelurahan Mangkang Wetan, Rojikin.

Hujas deras disertai angin kemarin juga menyebabkan sebuah pohon besar di Jalan Jenderal Sudirman tumbang. Nahas dialami Ny Wirawan. Ia mengalami luka ringan di bagian kepala setelah mobil Honda Jazz bernopol H 9310 MR yang dikemudikannya tertimpa pohon tersebut. Akibatnya, bagian atap mobil warna biru tersebut ringsek. Selain Ny Wirawan, anaknya yang duduk di sampingnya juga mengalami luka ringan. Keduanya dilarikan ke rumah sakit terdekat. “Tidak tahu tiba-tiba dahan itu jatuh dan menimpa mobil tersebut. Korban langsung dibawa ke rumah sakit terdekat,” ungkap Doni Hermawan, salah satu saksi mata.

Selain menciderai Ny Wirawan dan anaknya, pohon tumbang tersebut juga menyebabkan ruas jalan Jenderal Sudirman tersendat lantaran pohon setinggi 10 meter itu roboh melintang di tengah jalan. (den/hid/aro)