Calon Independen, Janjikan Sekolah Gratis

342
NOTA KESEPAKATAN: Khambali Soleh calon bupati independen dan Koordinator Gerak, Nurochim menandatangani kesepakatan bersama dihadapan notaris, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
NOTA KESEPAKATAN: Khambali Soleh calon bupati independen dan Koordinator Gerak, Nurochim menandatangani kesepakatan bersama dihadapan notaris, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Calon bupati Independen, Khambali Sholeh berjanji bakal mewujudkan sekolah gratis bagi warga miskin mulai SD-SMA jika menang dalam Pilkada desember mendatang. Selain itu, Khambali harus mewujudkan masyarakat sehat dengan memberikan jaminan pengobatan gratis kepada masyarakat miskin.

Dan yang penting, sanggup membangun jalan rusak hingga ke desa-desa.
Begitulah kesepakan antara Khambali dengan Gerakan Rakyat Kendal (Gerak) dalam nota kesepakatan yang ditandatangani, kemarin.
Ketua Gerak , Nurochim mengatakan, nota kesepakatan dibuat berdasarkan masukan dari rakyat. “Apabila nanti nota kesepakatan itu di abaikan, maka kami akan menuntut,” katanya, kemarin.

Ia menambahkan, perjanjian sangat penting ditandatangani dihadapan notaris. Sehingga kelak kalau Khambali ingkar, setelah menjadi bupati, maka Gerak dapat menuntut di depan hukum dan melakukan demo besar-besaran. Nurochim menjelaskan, nota kesepakatan yang ditanda tandagani di depan notaries berisi 22 point. Mulai dari kesanggupan membangun jalan rusak, hingga membuat taman budaya Kendal untuk para seniman. “Ada juga kesanggupan menata ulang irigasi, dan memfasilitasi bagi siswa yang mempunyai prestasi,” tambahnya.

Mujahirin Thohir, salah seorang saksi mengatakan, mau menjadi saksi penanda tanganan nota kesepakatan antara Gerak untuk independent dan Khambali Sholeh sebagai bentuk pembelajaran politik bagi warga Kendal. Sebab saat ini, Kendal perlu perubahan agar tidak terlalu bergantung pada partai politik (parpol). Perubahan itu, diantaranya menepis anggapan, bahwa masyarakat tidak bisa mencalonkan diri menjadi kepala daerah, tanpa melalui partai politik. “Apalagi, ini yang mencalonkan lapisan masyarakat umum,” katanya.

Budayawan dan guru besar Universitas Diponegoro ini berharap, niat baik Gerak dan Khambali bisa terwujud. Caranya, harus mendapat dukungan dari masyarakat. “Saya sudah mendukung dengan cara memberikan foto kopi KTP dan tanda tangan dukungan,” tambahnya.

Khambali, mengaku senang mendapat kepercayaan dari Gerak dan tokoh masyarakat untuk bisa maju menjadi calon bupati independent. Ia berharap, bisa mengemban kepercayaan itu. “22 point yang ada dalam nota kesepakatan tersebut, sangat berat. Tapi hal itu, bisa menjadi control, ketika kelak dia bisa menjadi bupati Kendal. Sehingga Kabupaten Kendal, bisa berubah menjadi baik,” tambahnya. (bud/fth)