Perkemi Jateng Gelar Seleksi Tahap Ketiga

308
CARI TERBAIK: Pengprov Perkemi Jateng terus mencari atlet kempo terbaik untuk PON 2016 mendatang. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)
CARI TERBAIK: Pengprov Perkemi Jateng terus mencari atlet kempo terbaik untuk PON 2016 mendatang. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Perkemi Jateng akan menggelar seleksi tahap ketiga. Rencananya, akan berlangsung di Purwokerto pada 22-24 Mei mendatang. Ini sebagai kelanjutan dua seleksi sebelumnya yang berlangsung di Gedung Golkar Semarang pada Februari dan 3 Mei 2015 lalu.

Dalam seleksi tahap ketiga nantinya, akan ada 45 kenshi yang akan ambil bagian. Mereka adalah atlet pantauan dari hasil Porprov Banyumas 2013 lalu. Dari tiga tahapan seleksi tersebut, akan diambil 22 kenshi terbaik untuk tampil di PraPON XIX 2015 di Bandung, Jabar, 2-4 Oktober mendatang.

”Kami akan cari 22 kenshi terbaik untuk tampil di PraPON. Mereka akan tampil di 17 nomor yang pertandingan. Tak ada target khusus. Kami hanya berharap dapat meloloskan sebanyak-banyaknya kenshi untuk tampil di PON XIX Jabar 2016,” kata Manajer Tim Kempo Jateng, Djoko Manto Isprawoto.

Saat ini, 45 kenshi sedang menjalani desentralisasi latihan di daerah masing-masing, di antaranya di Purwokerto, Surakarta dan Semarang. Dalam latihan, mereka akan dipantau oleh dua pelatih Jateng, yakni Zulkifli Nasution asal Surakarta dan Sugiarto dari Semarang.

Selain desentralisasi, para atlet tersebut juga akan menambah jam terbang dengan mengikuti beberapa kegiatan. Salah satunya try out di ITS Surabaya pada 16-17 Mei mendatang. Mereka akan membawa nama masing-masing daerah masing-masing. ”Kami berharap, para atlet dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari kegiatan tersebut. Mereka akan bertemu dengan lawan-lawan yang berbeda karakter. Dengan begitu akan menambah pengetahuan tentang taktik dan teknik dalam bertanding,” sambungnya.

Sementara untuk pemusatan latihan, imbuh Djoko, baru akan diadakan tiga bulan sebelum pelaksanaan PraPON, atau sekitar Juli di Salatiga. Dalam pemusatan latihan tersebut, sudah ada 22 kenshi terbaik hasil pantauan dan seleksi. Mereka akan kembali ditempa teknik, fisik dan mental selama tiga bulan.

Persiapan jauh-jauh hari ini bertujuan agar meraih hasil lebih baik dibandingkan PON XVIII/2012 Riau lalu. Saat itu, kontingen Kempo Jateng gagal meraih satu pun medali. Kempo Jateng mengalami masa kejayaan ketika membawa pulang satu medali emas, tiga perak dan satu perunggu di PON XVII/2008 Kaltim. (bas/smu)