Tiga Kecamatan Masih Kekurangan Calon

256
Henry Wahyono. (RIZAL/JAWAPOS RADAR SEMARANG)
Henry Wahyono. (RIZAL/JAWAPOS RADAR SEMARANG)

SEKAYU – Seleksi administrasi pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah dilakukan. Dari daftar yang masuk ke KPU Kota Semarang sebanyak 161 pendaftar dinyatakan lolos tahap awal. Selanjutnya akan dilakukan seleksi tertulis dan wawancara. Tes tertulis dan wawancara tersebut rencananya akan dilakukan pada Kamis (7/5) besok di balai kota Semarang.

Hanya saja, masih ada tiga kecamatan belum memenuhi kuota. Artinya jumlah pendaftar di kecamatan tersebut belum memenuhi minimal 10 pendaftar. Yaitu Kecamatan Banyumanik, Gajahmungkur, dan Semarang Tengah yang masing-masing hanya ada empat orang pendaftar. “Sebenarnya lebih dari empat pendaftar, tapi ada yang tidak lolos karena ijazah belum dilegalisir dan kurang surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakir,” kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, kemarin.

Sesuai koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Tengah, akan dibuka lagi pendaftaran susulan calon PPK di tiga kecamatan itu, mulai tanggal 5 hingga 7 Mei. Pendaftar yang tidak lolos seleksi bisa mendaftar kembali, tapi persyaratan harus lengkap tidak hanya melengkapi kekurangan berkas sebelumnya.

Pedaftaran susulan ini pengumuman seleksi administrasinya pada 9 Mei, selanjutnya akan dilakukan tes tertulis dan wawancara pada 11 dan 13 Mei dengan materi yang berbeda. ‘’Nanti setiap kecamatan hanya akan diambil tiga anggota PPK terpilih, yang kemudian dilantik pada 16 Mei mendatang,’’ katanya.

Seorang pendaftar yang lolos seleksi administrasi, Siwin Rumdhany mengatakan, yakin akan mampu mengikuti tes tertulis dan wawancara tanpa kesulitan, karena sudah pernah satu periode sebagai PPK. Sebelumnya memang diakui tidak ada tes tertulis, namun tetap yakin lolos karena sudah mempersiapkan materi. “Saya akan belajar lagi tugas-tugas PPK,” katanya. (zal)