122 Ahli Waris Menerima BSKKM

279
BANTUAN : Ahli waris sedang menerima Bantuan Santunan Kematian Keluarga Miskin (BSKKM) dari Pemkot Salatiga. (Munir Abdillah/Jawa Pos Radar Semarang)
BANTUAN : Ahli waris sedang menerima Bantuan Santunan Kematian Keluarga Miskin (BSKKM) dari Pemkot Salatiga. (Munir Abdillah/Jawa Pos Radar Semarang)

SALATIGA—Sebanyak 122 orang ahli waris dari keluarga miskin yang anggota keluarganya meninggal dunia, menerima Bantuan Santunan Kematian Keluarga Miskin (BSKKM) di Ruang Sidang II Pemkot Salatiga, Kamis (7/5) kemarin. Lantaran sudah mengajukan permohonan dana BSKKM kepada Wali Kota Salatiga selama periode akhir November 2014 sampai akhir Maret 2015.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Salatiga, Joko Haryono, mengatakan bahwa penerima santunan kematian ini merupakan ahli waris dari keluarga miskin tersebut. Selain itu, kegiatan ini untuk membantu dan menyejahterakan keluarga yang tidak mampu di Salatiga. “Dana ini dapat digunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Menurutnya, penyaluran dana BSKKM tahap I tahun anggaran 2015 adalah sebesar Rp 91.500.000. Maka setiap ahli waris menerima dana santunan kematian sebesar Rp 750.000. Ke-122 ahli waris tersebut berasal dari seluruh kecamatan di Kota Salatiga. Rinciannya, Kecamatan Sidorejo sebanyak 29 orang, Kecamatan Tingkir sejumlah 40 orang, Kecamatan Sidomukti ada 28 orang, sedangkan Kecamatan Argomulyo sebanyak 25 orang.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Ekbang dan Kesra Sekda Kota Salatiga, Daryadi ini untuk meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat serta meringankan beban keluarga miskin. “Bantuan ini mungkin tidak seberapa. Anggap saja sebagai tanda cinta dan wujud kepedulian Pemkot Salatiga kepada masyarakat,” kata Daryadi sesaat sebelum memberikan bantuan secara simbolis kepada Tumini, Suwardi, Partini dan Kusmawanto. (abd/ida)