Satlantas Inovasi Pelayanan SIM

299
BERI BUNGA: Kasatlantas Polres Demak AKP Sonhaji didampingi Kanit Regident Ipda Ragil Irawan menyerahkan bunga kepada warga yang mengurus SIM sekaligus berulang tahun pada hari itu, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BERI BUNGA: Kasatlantas Polres Demak AKP Sonhaji didampingi Kanit Regident Ipda Ragil Irawan menyerahkan bunga kepada warga yang mengurus SIM sekaligus berulang tahun pada hari itu, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Ada yang menarik di kantor pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) Polres Demak, kemarin. Sebagai bentuk perhatian dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang mengurus SIM, Kasatlantas Polres Demak AKP Sonhaji didampingi Kanit Regident Ipda Ragil Irawan menyerahkan sekuntum bunga kepada warga yang sedang memperpanjang SIM di kantor tersebut. Mereka yang diberi bunga yang kebetulan berulang tahun pada hari itu juga.

Kemarin yang beruntung mendapatkan perhatian khusus dari kasatlantas adalah M Faizin, 32, warga RT 5 RW 7, Desa Sayung, Kecamatan Sayung dan Jaelani, 45, warga RT 5 RW 4, Desa Tempuran, Kecamatan Demak Kota. Keduanya sama-sama lahir tanggal 7 Mei.
Kasatlantas AKP Sonhaji mengungkapkan, pemberian bunga tersebut sebagai bentuk perhatian pada masyarakat yang mau mengurus SIM yang telah habis untuk diperpanjang atau yang membuat baru.

“Kita bertekad akan terus berupaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat, termasuk dalam pembuatan dan perpanjangan SIM. Kita juga lakukan pengawasan serta evaluasi setiap saat dalam pelayanan ini. Karena itu, terima kasih dengan adanya kritik masyarakat untuk perbaikan pelayanan ini,”ujarnya.

Selain peningkatan pelayanan di bagian SIM, pihaknya juga telah mempersiapkan lomba pelayanan inovasi dan aksi lalulintas (Lompia Lantas) yang digagas Polda Jateng serta kegiatan Samsat berupa tertib wajib pajak berhadiah. Dalam program itu, pemilik kendaraan yang mengurus pajaknya mendapatkan kupon servis motor gratis. Tak hanya itu. Satlantas Polres Demak juga telah membuat dua pos lantas black spot therapy di dua titik jalur Pantura Demak. Yakni, di kilometer 17 Desa Wonokerto, Kecamatan Karangtengah, dan Kilometer 41, Desa Cangkring Pos, Kecamatan Karanganyar atau jalur Semarang-Demak-Kudus. Menurutnya, keberadaan dua pos tersebut sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas (lakalantas) di jalur Pantura. “Petugas akan stand by dan mobile untuk melakukan patroli lalulintas,”katanya. (hib/aro)