Widya Usung Kendal Mukti

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

TEMU MEDIA: Bupati Kendal Widya Kandi Susanti (tengah) saat jumpa pers di Operational Room, Kantor Bupati Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TEMU MEDIA: Bupati Kendal Widya Kandi Susanti (tengah) saat jumpa pers di Operational Room, Kantor Bupati Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Bupati Kendal Widya Kandi Susanti berjanji akan memberikan penampilan terbaik dalam pementasan tari drama di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 17 Mei mendatang. Orang nomor satu di Kendal ini sudah mempersiapkan tema pementasan, yakni Kendal Mukti.

Widya mengatakan, pementasan tari drama di TMII adalah bagian untuk mempromosikan Kendal di tingkat nasional. Karenanya, ia akan memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan penampilan terbaik.

Ia membeberkan, pertunjukan yang akan ditampilkan berkisah tentang sejarah Kiai Gusti, pejuang asal Kecamatan Sukorejo, Kendal. Untuk pementasan tari drama ini, pihaknya telah menggandeng Ketua Dewan Kesenian Kendal, Itos Budi Santoso.

Dikatakan, pementasan bertema Kendal Mukti itu akan dihelat di Wisma Anjungan Jawa Tengah Kompleks TMII Jakarta. Selain pementasan tari drama, digelar pula audiensi dirinya dengan Paguyuban Kerabat Kendal (Pakken) di Jakarta, bazar, serta pameran produk unggulan dari Kabupaten Kendal.

”Kegiatan ini sekaligus untuk mempromosikan Kabupaten Kendal kepada masyarakat luas, pengusaha, dan investor guna mempercepat terwujudnya Kendal yang lebih baik, maju, dan sejahtera,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang di Operational Room, Kantor Bupati Kendal, Senin (11/5).

Menurut Widya, tema tersebut merupakan lanjutan dari tema tahun lalu, yakni Kendal Dedari atau Kendal Moncer. ”Bagi saya tema adalah doa dan harapan. Makanya, saya ingin masyarakat Kendal ini sejahtera dan makmur,” akunya.

Ketua Dewan Kesenian Kendal, Itos Budi Santoso, mengatakan, setiap tahun Kabupaten Kendal tampil dengan tema yang berbeda. Itos menceritakan, Kiai Gusti diambil sebagai cerita yang disuguhkan karena memberikan inspirasi yang positif. Tokoh yang bernama asli Agus Sekti ini merupakan salah satu pasukan Pangeran Diponegoro asal Tlangu, cikal bakal Kecamatan Sukorejo.

Perjuangannya dalam menaklukkan Soma Kancil, antek-antek penjajah Belanda yang berniat memberantas Laskar Diponegoro, Kiai Gusti menjadi sosok inspiratif. ”Harapannya, bukan hanya Sukorejo, tetapi wilayah lain di Kabupaten Kendal dapat mandiri, gemar ripah loh jinawi dan mampu menyangga kehidupan rakyatnya menjadi sejahtera,” katanya.

Dikatakan, dalam pementasan drama tari tersebut akan melibatkan sekitar 23 orang, dan sejumlah seniman di Kabupaten Kendal. ”Sudah kami persiapkan dengan matang. Rencananya, besok (hari ini, Red) akan kami adakan geladi bersih di pendopo. Selain latihan, kami juga berkali-kali berdiskusi tentang konsep pementasan,” ujarnya.

Sekda Kendal Bambang Dwiyono menyampaikan, pihaknya telah menganggarkan Rp 200 juta untuk kegiatan ini. Anggaran tersebut untuk pelaksanaan bazar, pentas seni, dan biaya transportasi. ”Sehingga kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi Kendal ke depan,” harapnya. (bud/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -