72 Siswa SDLB Ikuti Ujian Sekolah

329

UNGARAN-Sebanyak 72 siswa Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) di Kabupaten Semarang, Senin (18/5) pagi kemarin mengikuti ujian sekolah (US). Terdiri atas 19 siswa dari SLBN Ungaran, 9 siswa SDLB Putra Mandiri, 8 siswa SDLB Wahid Hasyim, 15 siswa SDLB Bina Putra dan 2 siswa dari SDLB Susukan.

Menurut Ketua Panitia US Kabupaten Semarang, Adi Prasetyo, ujian sekolah dilaksanakan di empat lokasi, yakni SLBN Ungaran, SDLB Putra Mandiri Ambarawa, SDLB Wahid Hasyim Bringin dan SDLB Dharma Bakti Bergas.

“Memang tidak semua siswa SDLB mengikuti US tiga mata pelajaran (mapel) dari provinsi yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Sebanyak 25 persen soal dari bank soal tingkat nasional, 75 persennya diambil dari tingkat provinsi yang disusun oleh guru-guru se-kabupaten/kota di Jawa Tengah. Sebagian soal US untuk SDLB juga dibuat oleh sekolah masing-masing,” tutur Adi Prasetyo, Senin (18/5) pagi kemarin.

Adi menambahkan, sejumlah siswa SDLB yang mengikuti US tiga mapel yang dibuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng adalah siswa tuna netra, tuna wicara dan tuna daksa. Sedangkan siswa tuna grahita hanya mengerjakan ujian yang soalnya dibuat oleh sekolah masing-masing. “Secara umum pelaksanaan ujian sekolah SDLB di Kabupaten Semarang berjalan tertib dan lancar,” pungkasnya. (tyo/ida)