Aktif di Tiga Organisasi

501
EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG
EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG

BAGI Atiek Amalia Ahsanti, menghabiskan waktu di kampus hanya kuliah saja itu dianggap merugi. Sebagai mahasiswi, ia harus mampu mengisi waktu senggang dengan berbagai kegiatan positif lainnya. Salah satunya aktif di kegiatan organisasi kampus.

Mahasiswi semester II Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang ini aktif di tiga organisasi sekaligus. Yakni, di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas, organisasi kerohanian, dan kelompok paduan suara mahasiswa.

”Ikut organisasi banyak memberikan pengalaman sekaligus pelajaran. Itu menjadi bekal soft skill ketika sudah lulus nanti. Rugi jika ke kampus hanya kuliah, habis itu pulang dan tidak ada kegiatan lain,” ujar gadis kelahiran Semarang, 31 Maret 1997 ini kepada Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (22/5).

Di BEM Fakultas, gadis berhijab yang akrab disapa Amel ini menjabat sebagai staf Departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa dan Organisasi (PSDMO). Sementara di organisasi kerohanian, dia menjabat staf divisi finansial.

”Yang terakhir di grup paduan suara mahasiswa saya sebagai anggota. Meski menjabat staf, saya banyak mendapat pengalaman. Ikut organisasi itu jadi banyak temen, nambah pengetahuan, belajar tanggung jawab, dan belajar kepemimpinan,” tuturnya.

Meski saat ini sibuk di berbagai organisasi kampus, dia mengaku akan mengurangi aktivitasnya di dalam organisasi ketika mendekati semester akhir nanti. Dia khawatir terlalu banyak terlibat organisasi akan mengorbankan banyak waktunya untuk kuliah.

”Saat ini memang belum (banyak tugas kuliah), tapi biasanya pada semester akhir kan sudah mulai banyak tugas. Mungkin kegiatan organisasi akan saya kurangi,” ucapnya.

Amel sendiri usai lulus kuliah, bercita-cita langsung bekerja sesuai dengan bidangnya. Meski begitu, dia tak menampik jika memiliki keinginan untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi.

”Tapi yang terpenting kerja dulu lah, biar ada pengalaman, sekalian ngumpulin uang biar bisa buat kuliah lagi. Di samping itu, biar bisa juga bahagiakan orang tua kalau sudah bisa cari uang sendiri,” ujarnya sembari tersenyum. (ewb/aro/ce1)