Lulus Dua Jurusan

621
DOK. PRIBADI
DOK. PRIBADI

DINI Rahmantika sangat beruntung. Begitu lulus dari Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, ia langsung diterima bekerja di bagian humas (public relation) almamaternya. Hal itu tak lepas dari prestasi yang diukir Dini selama di bangku kuliah.

”Alhamdulillah, saya salah satu alumni yang mampu menyelesaikan kuliah di dua jurusan sekaligus, yakni di jurusan S1 Syariah dan S1 Sejarah Peradaban Islam (SPI) yang semuanya di bawah FAI,” jelas gadis kelahiran Grobogan, 14 Oktober 1991 ini.
Dini menceritakan, awalnya ia hanya kuliah di jurusan Syariah. Kemudian pada semester 3, ia mendaftar di program double degree jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI).

”Kalau double degree SPI masuknya Sabtu dan Minggu. Kalau kuliah reguler jurusan Syariah masuknya pagi, jadi masih bisa membagi waktu. Saya lulus dari jurusan Syariah tahun 2013 lalu jurusan SPI tahun 2014,” jelasnya.

Dikatakan, atas prestasinya yang bisa lulus di dua jurusan, ia mendapatkan beasiswa S2 dari Kemenag. Rencanannya ia akan kuliah S2 di salah satu universitas di Jakarta.

”Dulu saya mendaftar double degree juga iseng-iseng, dan akhirnya diterima. Syaratnya juga tidak mudah karena harus bisa baca Alquran dan pandai berbahasa Inggris,” katanya.

Menurut Dini, prestasi dan pengalaman terkadang bisa membuat manusia bernasib baik selama ada usaha. ”Saya memang suka aktivitas, selain kuliah, juga hobi ngemsi, aktif di paduan suara, dan pernah ikut lomba tarik suara mewakili Unissula di tingkat Jateng,” akunya.
Penyiar salah satu radio swasta di Semarang ini sekarang tinggal di asrama pesantren di Unissula. ”Di asrama saya juga mendapat tugas dari universitas mengajar bahasa Inggris kepada adik kelas,” ucapnya. (jpnn/aro/ce1)