Bisnis Kuliner dan Fotografi

428
DOK. PRIBADI
DOK. PRIBADI

SEJAK sekolah dasar (SD), Alfenda Rizki Sevtiane sudah menyukai dunia bisnis. Kini, di usianya ke-16 tahun, ia sudah menekuni usaha kuliner. Alfenda –sapaan akrabnya—sekolah sambil bisnis kue. Hasilnya pun tidak kecil. Bahkan, ia bisa menabung dan memenuhi kebutuhannya tanpa harus meminta orang tuanya.

”Saya suka bisnis kuliner terinspirasi dari orang tua,” kata putri pasangan Catur Agus Purnama dan Nining Hariyanti ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Alfenda memang tidak suka membebani beban orang tuanya. Sebisa mungkin, ia ingin menjadi anak yang mandiri. ”Di bisnis kuliner ini, saya langsung terjun mulai proses pra produksi hingga proses distribusi,” ucapnya.

Diakui, dalam berbisnis pasti ada untung dan rugi. ”Kalau sepi pembeli ya rugi, tapi saya tidak kapok,” katanya sambil tersenyum.

Selain bisnis kuliner, saat ini Alfenda juga mencoba bisnis baru, yakni fotografi. Kebetulan dia hobi memotret. Ke depan, ia punya obsesi bisa membuka usaha kuliner yang lebih besar, sehingga bisa membanggakan kedua orang tuanya. (mg25/aro/ce1)