Tingkatkan Toleransi Umat Beragama

858
KHUSYUK: Pemandian rupang Buddha di Vihara Mahavira Graha Semarang. (NUR WAHIDI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KHUSYUK: Pemandian rupang Buddha di Vihara Mahavira Graha Semarang. (NUR WAHIDI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KROBOKAN — Jelang peringatan hari Waisak 2559 yang jatuh pada hari Selasa (2/6) besok, umat Buddha menggelar sejumlah persiapan. Seperti memandikan rupang Buddha (Yifo). Seperti yang terlihat di Vihara Mahavira Graha Semaarang, kemarin.

Sebelum pemandian rupang Buddha, umat melakukan sembahyang dan mendengarkan pembabaran dhamma yang disampaikan oleh Suhu Chuan Xi.
Dalam pembabaran dhamma tersebut, Suhu mengajak umat melakukan toleransi antarumat beragama, karena akan tercipta kerukunan. Sehingga dapat terwujud saling menghargai dan akan memunculkan kebahagiaan. ”Berawal dari rasa toleransi maka akan kerukunan antarumat beragama dan menghasilkan kebahagiaan,” akunya.

Kemudian pembacaan Sutra Bodisatwa Avalokishvara dan diteruskan dengan pemandian rupang Buddha. Diawali oleh Suhu Chuan Xi, setelah itu diikuti oleh umat.

Kemudian dilanjutkan dengan pelimpahan jasa yakni penyalurkan semua kebaikan kepada semua makhluk. ”Jadi mengajak kepada umat agar menyampaikan kebaikan sehingga tercipta rasa cinta,” katanya. (hid/zal/ce1)