Liburan, Jumlah Pengunjung Stagnan

393
(ADENNYAR WICAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
(ADENNYAR WICAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tingkat kunjungan wisatawan di Kota Semarang, saat libur nasional untuk memperingati Hari Raya Waisak 2559, masih stagnan. Tidak ada lonjakan yang signifikan. Utamanya untuk dua objek wisata andalan, yakni Taman Marga Satwa (TMS) Mangkang dan Goa Kreo.

Pantauan koran ini kemarin, dua objek wisata tersebut bisa dibilang lengang jika dilihat momen liburan. Pengunjung obyek wisata Goa Kreo misalnya, tidak mengalami peningkatan pengunjung yang besar, hal ini ditunjukkan dari data pengunjung yang datang pada Minggu (31/5) kemarin hingga Selasa (2/6) ini angka pengunjung masih berkisar di antara angka 1.400 orang per harinya. ”Mungkin karena cuaca yang panas dan tidak ada event yang diselenggarakan yang membuat jumlah pengunjung cenderung sama pada hari Minggu,” kata Staf UPTD Goa Kreo, Mukmin.

Berbeda pada dua minggu lalu saat Pemerintah Kota Semarang membuat event festival layang-layang, jumlah pengunjung mencapai angka yang fantastis yakni 2.300 orang. ”Minggu (24/5) kemarin sangat ramai,karena ada event. Tapi untuk liburan pekan ini biasa-biasa saja,” tambahnya.

Senada dikatakan Kepala UPTD Kebun Binatang Mangkang, Kusyanto. Jumlah pengjung Boonbin Mangkang, pada Selasa (2/6) kemarin pun tidak begitu besar. ”Jumlahnya masih standar, sekitar 2.000 orang hampir sama dengan pada akhir pekan,” tuturnya.

Menurut Kusyanto, sepinya pengunjung pada hari libur Waisak ini dipengaruhi masih berlangsungnya ujian akhir semeter di sekolah yang memengaruhi tingkat kunjungan. ”Mungkin karena masih ujian akhir semester, jadi para orang tua lebih memfokuskan anak-anak mereka untuk belajar,” tambahnya. (den/zal/ce1)