Hendi: Calon Wawali Harus Bisa Tambah Suara

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

PENJARINGAN: Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi yang juga Wali Kota Semarang menjalani tes wawancara balon wali kota 2016-2020 dengan Juliari Batubara di Panti Marhen, kemarin. (Rizal Kurniawan/Jawa Pos Radar Semarang)
PENJARINGAN: Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi yang juga Wali Kota Semarang menjalani tes wawancara balon wali kota 2016-2020 dengan Juliari Batubara di Panti Marhen, kemarin. (Rizal Kurniawan/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Dari belasan nama yang mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Semarang melalui DPC PDI Perjuangan, sembilan nama berhasil masuk dalam fit and proper test yang digelar DPP PDI Perjuangan di Panti Marhen, Kamis (4/6) kemarin.

Sembilan nama tersebut terdiri atas dua balon wali kota, Hendrar Prihadi dan Bambang Husodo. Serta tujuh wakil wali kota, Dewi Susilo, Heavearita, Claudyna Chlastriningrum, Kadarlusman, Purnomo Ari, Widhi Handoko, dan Hermansyah Bakrie.

Hendi-sapaan akrab Hendrar Prihadi- dengan mengenakan kemeja warna merah, optimistis memasuki ruang wawancara. Proses wawancara orang nomor satu di Kota Semarang di hadapan pengurus DPP PDIP Perjuangan, Juliari Batubara itu berlangsung 15 menit. Materinya seputar program atau konsep Kota Semarang ke depan. Termasuk mengenai sosok wakil yang dikehendaki. ”Memang ada pertanyaan soal wakil, tapi saya tidak mau menyebut nama. Karena saya menyerahkan sepenuhnya ke DPP. Keputusannya ada di sana (DPP, Red),” ujar Hendi.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang itu menyatakan siap dipasangkan dengan siapa pun balon wawali yang mendapat restu dari DPP. Namun dia mengharapkan didampingkan dengan balon wawali yang bisa menambah perolehan jumlah suara. ”Pasti ada pertimbangan (dalam memutuskan wakil, Red), seperti kaderisasi. Tapi yang pasti, mereka bisa ikut menambah suara,” tegas Hendi.

Hendi mengaku siap mengikuti semua proses rekrutmen calon oleh DPP. Termasuk menyerahkan sepenuhnya ke DPP putusan penentuan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung. ”Sebagai kader, saya mengikuti saja fit and proper test. Ini sebagai bagian dari proses rekrutmen,” katanya.

Tes IQ atau kemampuan akademik juga sudah dia ikuti bersama balon lainnya. Dan kali ini adalah tes wawancara terkait sejumlah materi. ”Kali ini, saya juga mengikuti tes yang terkait komitmen kepartaian dan pengembangan Kota Semarang,” ujarnya.

Sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendi selalu melakukan komunikasi dengan DPP. Namun, tidak pernah membicarakan hasil tes dan rekomendasi terkait proses rekrutmen balon wali kota maupun wakilnya.

Sementara itu, Widhi Handoko mengatakan bahwa dirinya serius mengikuti seluruh tes dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Meski baru sebagai balon wawali, ia ingin menunjukkan keseriusannya mengikuti seluruh tahapan pilkada. Dan ia optimistis akan meraih hasil yang terbaik pula. ”Saya optimistis, karena sudah mempersiapkan materi untuk tes wawancara. Seperti soal kepartaian, kepemimpinan, keroganisasian, sosial ekonomi, dan pemerintahan daerah,” ujarnya.

Dewi Susilo juga mengatakan, siap mengikuti keputusan partai. Sebagai balon yang berangkat dari latar belakang pengusaha, jika mendapat rekomendasi dan terpilih sebagai calon wawali, ia ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Semarang dari segi ekonomi.

Sementara itu, fit and proper test balon wali kota-wakil wali kota PDI Perjuangan ini akan berlangsung selama dua hari sampai hari ini, Jumat (5/6). Setelah kegiatan fit and proper test ini, semua balon akan mengikuti sekolah partai selama satu minggu. Sedangkan hasil fit and proper test akan disampaikan dalam pleno DPP PDI Perjuangan. Kemudian baru muncul nama balon yang direkomendasikan untuk diusung dalam pilwalkot. (zal/ida/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -