Rutin Tertibkan Visa WNA

336
SOSIALISASI: Para pembicara dalan sosialisasi visa dan izin tinggal bagi WNA oleh Kantor Imigrasi di Pendopo Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SOSIALISASI: Para pembicara dalan sosialisasi visa dan izin tinggal bagi WNA oleh Kantor Imigrasi di Pendopo Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Warga negara asing (WNA) yang bekerja maupun beraktivitas sebagai turis tetap menjadi perhatian Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka tidak menyalahgunakan izin visa kunjungan yang ada atau karena masa visa habis. Pada prinsipnya, visa harus dimiliki bagi warga asing yang berkunjung atau bertempat tinggal di Indonesia, termasuk di wilayah Semarang. Kecuali, bagi warga asing yang bebas visa kunjungan singkat.

Demikian mengemuka dalam sosialisasi visa dan izin tinggal WNA berdasarkan peraturan keimigrasian Kabupaten Demak dan Kudus Tahun 2015 yang berlangsung di Pendopo Kabupaten, kemarin. Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Semarang, Abdul Ghofur mengatakan, bahwa pelayanan keimigrasian WNA telah didasarkan atas peraturan keimigrasian yang berlaku.

Menurutnya, dasar hukum visa dan izin tinggal WNA telah diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, PP Nomor 31 Tahun 2013 serta Permen Hukum dan HAM Nomor 27 Tahun 2014 tentang prosedur teknis pemberian, perpanjangan, penolakan, pembatalan, dan berakhirnya izin tinggal.

Untuk visa sendiri ada beberapa jenis. Yakni, visa diplomatic, visa dinas, visa kunjungan dan visa tinggal terbatas. Dalam pasal 39 UU Nomor 6 Tahun 2011 disebutkan, bahwa visa tinggal terbatas diberikan pada WNA yang bekerja sebagai rohaniwan, tenaga ahli, pekerja, peneliti, pelajar, investor, lanjut usia dan keluarganya dan orang asing yang kawin secara sah dengan WNI. “Karena itu, semua telah diatur dalam UU,” katanya, kemarin.

Yang menarik, dalam Perpres Nomor 43 Tahun 2011 tentang bebas visa kunjungan singkat telah bisa dinikmati WNA yang berkunjung ke Indonesia. WNA yang bebas visa adalah dari Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Hongkong, Makao, Chili, Maroko, Peru, Vietnam, Ekuador, Kamboja, Laos dan Myanmar. (hib/fth)