Terpikat Lawang Sewu dan Kota Lama

440
DISAMBUT PENARI: Para turis asing yang menumpang kapal pesiar berbendera Inggris MV Pacific Jewel disambut para penari saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, kemarin. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DISAMBUT PENARI: Para turis asing yang menumpang kapal pesiar berbendera Inggris MV Pacific Jewel disambut para penari saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, kemarin. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

TANJUNG EMAS – Ribuan turis asing tampak turun dari kapal pesiar berbendera Inggris, MV Pacific Jewel, di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (8/6) siang. Para turis ini disambut meriah oleh tarian Jawa dan kesenian barongsai. Tujuan para turis adalah menikmati destinasi wisata yang ada di Kota Semarang dan sekitarnya, seperti Gedung Lawang Sewu dan Kota Lama.

Richard, salah satu turis asal Belanda mengaku ingin berkunjung ke Kota Lama dan Lawang Sewu yang sangat tersohor di negerinya. Keindahan bangunan tua khas Belanda yang masih asli, membuatnya antusias untuk berkunjung ke Semarang.

”Saya ingin ke Lawang Sewu dan Kota Lama. Konon nenek moyang saya pernah tinggal di Semarang, jadi saya ingin melakukan napak tilas di kota Ini,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Erick Carter, turis lainnya mengaku terpesona dengan keindahan Kota Semarang dan sisi historis yang sangat dekat antara Indonesia dan Belanda. Menurutnya, Semarang adalah kota yang indah dengan beberapa destinasi wisatanya. ”Penduduknya sangat ramah, bangunan tua yang ada pun dikenal sangat indah dan masih asli,” pujinya.

Manager Operasional PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Tanjung Emas, Widjang Indradto, mengatakan, jika MV Pacific Jawel merupakan kapal ke-13 yang bersandar di Semarang. Kapal itu membawa 2.000 turis asing dan 700 kru kapal. ”Dari awal tahun sampai bulan ini sudah ada 13 kapal asing yang bersandar dengan total 7.500 turis asing yang datang,” ujarnya.

Menurut dia, jumlah kedatangan kapal pesiar di tahun ini mengalami kenaikan. Pada tahun lalu tercatat 26 kapal pesiar, sementara tahun ini naik menjadi 29 kapal pesiar. Mayoritas turis yang datang berasal dari Eropa yang pada pertengahan tahun ini memasuki musim dingin.
”Kota Semarang tidak hanya menjadi tempat transit, gedung tua Kota Lama dan Lawang Sewu akan menjadi tujuan wisata mereka. Selain itu, mereka juga akan berkunjung ke Candi Borobudur. Memang pada pertengahan tahun, Indonesia menjadi tujuan wisata. Karena di negera asal mereka sedang memasuki musim dingin,” katanya.
Sehari berada di Semarang, rencananya kapal pesiar tersebut akan melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Benoa Bali. (den/aro/ce1)