Waspada Peredaraan Akik Palsu

352
TES KADAR KEASLIAN: Salah satu pencinta batu mulia terlihat sibuk mengukur kekerasan batu mulia yang akan dibeli. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TES KADAR KEASLIAN: Salah satu pencinta batu mulia terlihat sibuk mengukur kekerasan batu mulia yang akan dibeli. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tren batu akik dan batu mulia yang saat ini bak jamur di musim hujan ternyata dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan menjual akik palsu.

Akik palsu yang dikenal dengan akik sintesis ini bentuk dan kekerasannya hampir sama dan sulit dibedakan dengan kasat mata. Tingkat kekerasan batu sendiri dapat dilihat dengan sebuah alat yang bernama Diamond Selector, yang bisa membaca tingkat kekerasan batuan mulia.

Penggunaan alat ini cukup simpel. Alat yang memiliki jarum pada ujungnya hanya ditempelkan kepada batu yang akan dibeli. Secara otomatis alat ini akan mengeluarkan grafik berupa angka sesuai ukuran tingkatan kekerasan batu mulia. ”Alat ini berfungsi untuk menguji kekerasan batu akik dan batu mulia dengan tingkatan mosh yakni 1-8 mosh, semakin tinggi tingkatannya kandungan mineralnya akan semakin banyak dan semakin bagus kualitasnya,” kata Syahril, pemilik Dewi Sumbi Accesories Gemstone.

Menurut dirinya, batu mulia yang baik punya tingkatan lebih dari 8 mosh. Sementara untuk batu akik yang asli memiliki tingkatan 5-6 mosh. Tidak seperti senter khusus batu mulia, alat ini dinilai lebih efektif karena jika ditempelkan ke batu sintesis alat tidak akan bisa membaca tingkat kekerasan dan kandungan mineral di dalamnya. ”Sekarang banyak batu imitasi, jadi pencinta batu mulia harus berhati-hati. Jika indikatornya tidak menunjukan grafik maka dipastikan 100 persen batu tersebut imitasi atau sintetis,” tambahnya.

Menurut dirinya, batu mulia yang memiliki tingkatan kekerasan yang tinggi di antaranya berlian, intan, blue safir, rubby, dan zamrud adalah yang paling dicari karena tingkat kandungan mineralnya sangat tinggi bisa sampai 10 mosh. ”Batu mulia yang bagus tingkatan kekerasannya sampai 10 mosh, sementara akik yang bagus bisa sampai 5-6 mosh. Jadi masyarakat pencinta batu mulia tentu harus lebih cermat sebelum membeli,” pesannya. (den/ric/ce1)