KM Bukit Patung, Alternatif Transportasi Wisata ke Jepara

750
TRANSPORTASI : KM Bukit Patung kapal perintis pemerintah yang dioperasionalkan PT. Samudera Perdana Selaras. (Foto : ist)
TRANSPORTASI : KM Bukit Patung kapal perintis pemerintah yang dioperasionalkan PT. Samudera Perdana Selaras. (Foto : ist)

SEMARANG- Sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, sesungguhnya, Jepara merupakan daerah yang memiliki objek wisata yang patut diperhitungkan. Sayangnya, untuk menjangkau pulau-pulau terpencil di wilayah tersebut masih minim alat transportasi. Oleh karenanya, PT Samudera Perdana Selaras di bulan Mei ini, mulai mengoperasikan kapal perintis pemerintah KM Bukit Patung untuk menjangkau pulau-pulau kecil di Jepara.

TP.Astutie,SE Kepala Divisi Shipping Operator PT Samudera Perdana Selaras mengatakan, pulau-pulau terpencil di Jepara yang membutuhkan alat transportasi khusus untuk bisa menjangkaunya diantaranya, Kuala Pembuang, Kuala Jelai, Karimunjawa, Pulau Nibung, dan Sukamara. “Potensi alam, kekayaan atas keterampilan warganya dalam menghasilkan produk bermutu, hingga keragaman kuliner tradisional, menjadikan Jepara sebagai daerah layak tujuan wisata yang menawarkan beragam kesenangan yang dibutuhkan para turis. Namun hal tersebut harus didukung dengan transportasi yang memadai untuk menjangkau beberapa wilayahnya yang terpencil,” jelas Astutie.

Dengan keberadaan KM Bukit Patung yang memiliki trayek Semarang-Jepara-Kuala Pembuang-Karimunjawa-Semarang-Kuala Jelai-Pulau Nibung-Sukamara-Pulau Nibung-Kuala Jelai-Karimunjawa-Semarang, diharapkan mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung ke Jepara. Adapun untuk kapasitas jumlah penumpang di kapal ini, tempat duduk 35 orang, dan tempat tidur 196 orang. Selain itu juga disediakan sekoci penolong dengan kapasitas 2×40 orang. Juga bisa untuk kargo hingga muatan kurang lebih 100 ton. “Fasilitas lainnya yang ada di KM Bukit Patung ini antara lain restoran, toilet, TV dan masih banyak yang lainnya,” terangnya. (eny/zal)