Ribuan Peserta Tak Hadiri Tes SBMPTN

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

SEPI: Panlok 42 Semarang SBMPTN tengah memindai berkas dan laporan peserta yang hadir di kampus Unnes, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SEPI: Panlok 42 Semarang SBMPTN tengah memindai berkas dan laporan peserta yang hadir di kampus Unnes, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEKARANG – Ribuan peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) di panitia lokal (Panlok) 42 Semarang absen dari pelaksanaan ujian yang digelar serempak, Rabu (10/6) kemarin. Tidak diketahui alasan pasti terkait ribuan peserta yang absen tersebut.

Panlok 42 Semarang tersebut terdiri atas subpanlok Semarang meliputi Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo dan subpanlok Magelang yakni Universitas Tidar (Untid) Magelang.

”Laporan sementara yang masuk hingga sore (kemarin, Red), dari 37 lokasi ujian tulis seleksi ada 1.415 peserta yang tidak hadir. Jumlah tersebut dimungkinkan bisa bertambah, karena totalnya 72 lokasi ujian seleksi. Sebagian masih belum mengirimkan laporannya,” kata Ketua Panlok 42 Semarang, Rustono, kemarin.

Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unnes ini menambahkan bahwa banyaknya jumlah peserta yang tercatat tidak hadir itu diduga karena berbagai sebab. Di antaranya melakukan pendaftaran berulang, mengundurkan diri karena sudah diterima di perguruan tinggi lain, serta alasan lainnya. Namun dia menduga paling banyak karena melakukan pendaftaran beberapa kali.

”Misalnya, pertama daftar dia pilih prodi atau perguruan tinggi ini. Namun ketika dipikir-pikir ulang, tidak sreg. Akhirnya daftar lagi dan memilih prodi dan PT berbeda. Sehingga yang bersangkutan memiliki kartu ujian lebih dari satu dan yang digunakan hanya satu. Itu kemungkinan terjadi karena biaya daftar SBMPTN cukup murah, yakni Rp 100.000 saja. Selain itu, tidak ada larangan untuk melakukan pendaftaran lebih dari satu,” paparnya.

Rustono mengungkapkan, secara keseluruhan pelaksanaan ujian tulis SBMPTN kemarin berlangsung lancar. Meski ditemukan satu dua peserta yang terlambat ketika mendatangi lokasi ujian, tak ada yang lebih dari seperempat jam.

”Ada juga salah seorang peserta yang kehilangan kartu ujian, namun bisa kami atasi. Setelah dicek, kami kirim ulang data yang bersangkutan ke lokasi ujian untuk di-print kembali kartu ujiannya,” bebernya.

Lebih lanjut, kata dia, untuk lokasi ujian kelompok Soshum di Unnes, terdapat satu peserta yang menyandang difabilitas tunarungu. Peserta bernama Sayoga Pradana itu, ditempatkan pada ruang khusus dekat ruang panitia agar dapat diberikan pelayanan tertentu, sehingga tidak mengganggu peserta lainnya.

”Misal butuh informasi apa, biar kami cepat memberikan bantuan yang dibutuhkan. Semula tercatat dua peserta difabilitas akan ikut, namun setelah dicek ternyata hanya satu. Sedangkan satunya, salah pencet saat mendaftar,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Panlok 42 Semarang, Sugiyanto menambahkan, pada pelaksanaan ujian tulis SBMPTN di Panlok 42 Semarang juga tidak ditemukan adanya laporan kecurangan seperti kasus perjokian dan lainnya. ”Dari pelaksanaan ujian untuk kelompok Soshum di Undip, kelompok Saintek di Unnes, kelompok campuran di UIN Walisongo, serta peserta yang ada di Untid Magelang tidak ada laporan kecurangan semacam itu,” katanya. (ewb/ida/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -