Setahun, 450 Kecelakaan Laut

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

PADAMKAN KEBAKARAN: Simulasi kampanye keselamatan pelayaran yang digelar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kemarin. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PADAMKAN KEBAKARAN: Simulasi kampanye keselamatan pelayaran yang digelar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kemarin. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

TANJUNG MAS – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berupaya menekan angka kecelakaan. Data Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT), jumlah insiden kecelakaan transportasi laut selama 2014 lalu mencapai 450 kejadian. Itu artinya, dalam sehari terjadi 1,5 kejadian. Karena itu, kampanye dan peraturan terkait pencegahan kecelakaan terus digalakkan.

”450 kejadian banyak sekali. Kalau kecelakaan udara satu kejadian saja sudah langsung jadi perhatian. Ini di laut bisa sampai sebanyak itu. Ini perlu menjadi perhatian dan ditanggulangi. Harus terus ditekan seminimal mungkin, bahkan zero accident, dan itu harus bisa dilakukan, tak ada yang tidak mungkin,” tandas Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di sela Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Peringatan Hari Pelaut Sedunia di Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (12/6) pagi.

Menurut Jonan, kecelakan di laut terjadi bisa karena masalah teknis, kecerobohan manusia maupun kombinasi keduanya. Karena itu, pihaknya terus melakukan kampanye keselamatan serta menetapkan peraturan-peraturan terkait pencegahan kecelakaan.

Jonan mengatakan, jika adanya simulasi keselamatan pelayaran sangat penting sebagai pencegahan kecelakaan pelayaran akibat human error, yakni insiden dan kesalahan teknis. Diharapkan juga dilakukannya simulasi sebagai upanya mencapai zero accident. Dikatakannya, jika di tahun ini sampai Mei sudah bisa ditekan angka kecelakaan laut menjadi sebulan hanya 10 kali kecelakaan.

Ia menegaskan, untuk mencegah adanya kecelakaan transportasi laut harus diadakan pengawasan yang ketat dalam kuota jumlah penumpang sesuai kapasitas kapal laut itu sendiri. Jangan sampai tiket yang sudah terjual sesuai kapasitas, kembali dilakukan penjualan tiket.

”Kecelakaan akibat cuaca itu namanya bukan kecelakaan. Itu kejadian alam, dan sudah jangan dilanggar jika cuaca sedang tidak bagus, jangan diteruskan berlayar, semua (kapal) harus dok (berlabuh, Red). Untuk pantauan kapasitas jumlah penumpang ada di petugas syahbandar, jangan dilanggar akan kelebihan kapasitas penumpang,” tegasnya.

Jonan juga tak segan akan memberikan sanksi hukuman yang keras kepada petugas pelayaran yang melanggar batasan kapasitas penumpang.
Disinggung kesiapan masa angkutan transportasi laut mudik Lebaran, melalui Kemenhub Jonan berkerja sama dengan TNI AL yang akan meminjamkan dua kapal, yakni KRI Banda Aceh dan KRI Banjarmasin. Ditambah pengoperasian tiga kapal penyeberangan berukuran 5.000 gross ton yang disiagakan di titik penyeberangan Bakauheni dan Merak.

”Penumpang kapal laut diprediksi akan naik sekitar 3 persen, angkutan udara naik 2 persen, dan angkutan darat malah diprediksi akan ada penurunan sebesar 5 persen. Angka tersebut masih terus diawasi apakah 5 persen tersebut beralih ke kereta api dan pesawat terbang atau malah beralih menggunakan kendaraan pribadi,” jelasnya.

Sementara itu, dalam simulasi kampanye keselamatan pelayaran kemarin, digunakan sebuah kapal penumpang jenis feri Kirana I dengan kondisi terbakar di tengah lautan. Secara cekatan bantuan keselamatan dikerahkan dengan menggunakan kapal boat untuk mengevakuasi penumpang serta sebuah kapal jenis Tunda sebagai kapal pemadam kebakaran. Para ’korban’ yang selamat selanjutnya dievakuasi ke darat, dan diberikan pertolongan pertama di ambulans, kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat.

Dalam simulasi kampanye tersebut sempat menjadi perbincangan oleh Jonan dengan awak media terkait kualitas jangkauan semprotan air pemadam api dari kapal Tunda. Hal ini akan fatal jika benar terjadi kebakaran kapal di tengah laut.

”Tadi lihat sendiri kan, air yang disemprotkan kapal Tunda tak menjangkau, itu bukan menyemprot, tapi itu namaya kencing,” ujar Jonan mengkritisi kekurangan simulasi kampanye penyelamatan pelayaran tersebut.

Selain memantau simulasi kampanye keselatan pelayaran, Jonan juga memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi. Untuk Nakhoda Teladan diberikan kepada Laurens De Fretes, nakhoda KN Jadayat, dan Capt. Sudarsono, nakhoda kapal Berlian Lajur Tanker.

Penghargaan Women in Maritime diberikan kepada Chandra Motik Yusuf selaku Ketua Umum Lembaga Bina Hukum Laut Internasional, serta penghargaan Penjaga Menara Suar Teladan diberikan kepada R. Agung Cahya Nugraha dan Teguh Wiharjo. Selain itu, diserahkan bantuan peralatan keselamatan berupa life jacket kepada para nelayan di Pelabuhan Tanjung Emas. (dna/jpnn/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -