AHM Berikan Pendidikan Bisnis lewat Karya Ilmiah

468
PRESENTASI : Seorang peserta sedang mempresentasikan hasil karya ilmiah yang dibuat dalam lomba Karya Tulis Ilmiah AHM Best Student 2015. (FOTO: ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
PRESENTASI : Seorang peserta sedang mempresentasikan hasil karya ilmiah yang dibuat dalam lomba Karya Tulis Ilmiah AHM Best Student 2015. (FOTO: ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – PT Astra Honda Motor (AHM) menyelenggarakan lomba karya tulis dengan tema lingkungan. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus memberikan pendidikan di dunia bisnis. Lomba tersebut diikuti 79 peserta tingkat SMA/SMK dan sederajat.

Para peserta diwajibkan menulis tentang peningkatan kualitas lingkungan melalui peranan genrasi muda untuk meningkatkan lingkungan, peningkatan kualitas pendidikan masyarakat, UMKM, dan kesehatan, dengan tajuk Lomba Karya Tulis Ilmiah AHM Best Student 2015. ”Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan peran para siswa di lingkungan. Goal-nya adalah peningkatan entrepreneur, serta peran generasi muda dengan lingkungannya,” kata ESSR PT Astra Internasional Honda Sales Opreasional Cabang Jawa Tengah, Budi Sriyono, kemarin.

Setelah terkumpul, kemudian pihak AHM mengambil 15 karya tulis untuk dijadikan 4 besar. Karya yang terpilih itu akan mewakili Jawa Tengah ke lomba tingkat nasional yang diselenggarakan di Jakarta. Program yang sudah berjalan 10 tahun tersebut adalah kerja sama corporate sosial responsibillity (CSR) antara AHM dan Astra Internasional. ”Pemenang akan mendapatkan beasiswa pendidikan, selain itu karya yang mereka tulis juga akan diaplikasikan dan akan mendapatkan pendampingan pengembangan bisnis,” timpalnya.

Saat ini ada beberapa karya ilmiah yang sudah bisa berjalan dan diaplikasikan seperti pembuatan abon ikan tongkol oleh siswa SMK 8 Semarang di kampung Bandarharjo, dan bedak dari kulit durian karya dari siswa SMA 3 Semarang. ”Setelah diolah dan memberikan pendampingan, harga jual dari karya yang diproduksi tentu akan lebih tinggi,” pungkasnya. (den/zal/ce1)