Serahkan 74.550 Berkas Dukungan dengan Mobil

365
SERAHKAN BERKAS: Cabup independen Sugiyanto (kanan) menyerahkan berkas dukungan pencalonan kepada Ketua KPUD Demak, Mahmudi di Kantor KPUD, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SERAHKAN BERKAS: Cabup independen Sugiyanto (kanan) menyerahkan berkas dukungan pencalonan kepada Ketua KPUD Demak, Mahmudi di Kantor KPUD, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Pasangan cabup cawabup dari jalur independen Sugiyanto-Cahyono kemarin menyerahkan berkas data dukungan sebagai calon ke KPUD Demak. Setidaknya ada 74. 550 lampiran dukungan baik berupa KTP maupun kartu keluarga (KK). Data-data dukungan tersebut bertumpuk-tumpuk sehingga harus dimuat dalam satu mobil.

Yang menarik, dalam menyerahkan dukungan ini, Sugiyanto sebagai cabup tidak lagi menggandeng Agus Makmun (aktivis buruh) sebagai cawabupnya. Namun, Agus justru digantikan oleh Cahyono. Ia adalah kepala bagian karyawan di sebuah perusahaan (Arisa) Karangawen. Sugiyanto sendiri merupakan PNS di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Sugiyanto mengatakan, cawabup yang diajaknya maju dalam pilkada memang telah berubah dari semula. “Saya didampingi Pak Cahyono sebagai Cawabup,”ujarnya.

Sedangkan, terkait dengan data dukungan itu, ia mengaku telah mengumpulkan sejak lama. Yang jelas, untuk mendapatkannya membutuhkan perjuangan dan penuh rintangan serta hambatan. Dirinya mengaku nekat mencalonkan diri melalui jalur perseorangan karena ingin memberikan warna baru dalam iklim pilkada di Demak.

Cawabup Cahyono menambahkan, pengumpulan data dukungan tersebut telah merata di 14 kecamatan. Paling banyak dukungan diperoleh dari Kecamatan Wedung, Mranggen dan Karangawen. “Yang paling kecil, dukungan dari Kecamatan Gajah,” katanya.

Ketua KPUD Demak, Mahmudi mengungkapkan, berkas dukungan dari pasangan Sugiyanto-Cahyono diterima KPUD. Berkas dukungan kemudian langsung diteliti oleh tim yang telah dibentuk KPUD. “Ada 5 tim khusus yang langsung mengecek data-data tersebut. Segera kita tindaklanjuti,” kata Mahmudi didampingi komisioner KPUD lainnya, yakni Jessy Tri Joeni, Hestin Atas Asih, Bambang Setiabudi dan Asroni.

Ia menambahkan, data dukungan tersebut harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. Yaitu, sebanyak 71.464 lembar dukungan. Kemarin, 15 Juni, kata dia, adalah hari terakhir penyerahan data dukungan tersebut. (hib/fth)