PMI Jamin Stok Darah Aman

363
AKSI SOSIAL: Kegiatan Donor Darah sebagai rangkaian peringatan HUT Bhayangkara yang digelar di Mapolres Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
AKSI SOSIAL: Kegiatan Donor Darah sebagai rangkaian peringatan HUT Bhayangkara yang digelar di Mapolres Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Sebanyak 150 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam aksi donor darah yang digelar Polres Kendal. Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota Polres Kendal, Bhayangkari dan sejumlah wartawan di Kendal.

Kepala UTD PMI Kabupaten Kendal, Prayitno mengatakan, kegiatan donor darah dilakukan menjelang bulan Ramadan. Sebab, diperkirakan stok darah di PMI akan minim dan berkurang saat memasuki puasa. Yakni antisipasi akan kekurangan darah pada bulan puasa. “Sebelum puasa, kami menggelar kegiatan donor darah untuk mengumpulkan stok. Bahkan dalam sehari bisa dilakukan di dua tempat berbeda. Sebab saat ramadan biasanya orang enggan mendonorkan darahnya,” katanya, Selasa (16/6).

Ia menambahkan, setiap instansi dan organisasi yang sudah pernah melaksanakan donor darah kembali dihubungi untuk bisa mengadakan kegiatan serupa.“Biasanya organisasi dan instansi itu sudah sering berkomunikasi dengan kami, dan punya kepedulian terhadap donor darah,” imbuhnya.

Selama bulan Ramadan, kegiatan donor darah secara masal di luar akan di stop lebih dulu. Kendati demikian, jika ada pendonor yang datang ke Kantor PMI dipersilakan. “Untuk pelayanan donor darah di kantor PMI tetap dibuka. Baik yang mau bantuan donor atau pendonor akan dilayani,” tambahnya.

Sejauh ini, untuk stok darah golongan A di PMI Kendal masih tersedia sekitar 95 kantong, sedangkan golongan darah B masih sekitar 105 kantong. “Sedangkan golongan darah AB tinggal 32 kantong dan golongan darah O masih banyak yakni sekitar 112 kantong,” katanya.

Seorang pendonor darah, Edi Prayitno mengaku sudah sering menyumbangkan darahnya dalam kegiatan donor darah. “Ini bukan kali pertama. Hampir tiap ada kegiatan donor darah dan saya dalam kondisi sehat, pasti saya ikut,” katanya.

Kapolres Kendal, AKBP Widi Atmoko mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peryaan HUT Bhayangkara 2015. “Kegiatan sosial ini tujuannya untuk mendekatkan instansi kepolisian dengan masyarakat,” katanya. (bud/fth)