TPKS Terapkan Job Order Online

396
BERUBAH : Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) belum lama ini. Selama bulan Ramadan, jam operasional TPKS mengalami perubahan. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)
BERUBAH : Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) belum lama ini. Selama bulan Ramadan, jam operasional TPKS mengalami perubahan. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)

SEMARANG – Jam operasional Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) mengalami perubahan selama bulan Ramadan. Perubahan tersebut guna melakukan penyesuaian terhadap kegiatan ibadah puasa dari para karyawan TPKS yang beragama Islam.

Penyesuaian ini dilaksanakan sesuai dengan isi Surat Edaran Direksi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) nomor: SE.08/KP.0609/P.III-2015, yang menyatakan bahwa ada penyesuaian jam kerja dari yang semula, antara Senin – Kamis adalah mulai pukul 08.00 – 17.00 menjadi 08.00 – 15.30, dan pada hari Jumat yang semula dari pukul 07.00 – 16.00 menjadi 07.30 – 15.00.

β€œHal tersebut tentu akan sedikit berdampak pada jam operasional loket TPKS yang semula mulai pukul 08.00 – 20.00. Namun, momentum datangnya Ramadan tahun 2015 ini bertepatan dengan rencana TPKS untuk meluncurkan Job Order Online yang sedianya akan segera trial per 1 Juli 2015,” ujar Oko Putra Prasetya, Asisten Manager Perencanaan dan Pemasaran TPKS.

Aktivitas loket yang semula memang menyediakan petugas-petugas di masing-masing loket Ekspor dan Impor sedikit demi sedikit akan dikurangi, dan hanya akan disediakan 1 atau 2 orang petugas loket yang akan membantu para pengguna jasa melakukan pengajuan permohonan ekspor dan impor secara online dengan melalui beberapa piranti komputer yang akan disediakan di lantai pelayanan gedung TPKS, untuk melakukan kegiatan input data, dan pengajuan ekspor/impor. Tidak dengan cara manual seperti biasanya.

Purwanto Wahyu, Asisten Manager Terminal TPKS menambahkan, secara detil perubahan jam operasional di TPKS dibagi 3 bagian, Pelayanan Ekspor-Impor tetap berlangsung dari Senin sampai Sabtu, dimana Senin-Jumat dari jam 08.00 sampai jam 17.00 dan 08.00 – 15.00 di hari Sabtunya. (dna/ric)