Terminal Terboyo Batal Direnovasi

498
TAK JADI DIPERBAIKI: Kondisi landasan Terminal Terboyo yang berlubang, serta digenangi air jika banjir dan rob. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TAK JADI DIPERBAIKI: Kondisi landasan Terminal Terboyo yang berlubang, serta digenangi air jika banjir dan rob. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Proyek renovasi Terminal Terboyo dipastikan batal dilakukan. Hal itu menyusul terbitnya Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dalam undang-undang tersebut ditegaskan akan ada pengambilalihan pengelolaan khusus terminal tipe A. Sehingga Pemkot Semarang membatalkan proyek senilai Rp 25 miliar tersebut.

”Kami sudah konsultasi ke BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan kejaksaan, dengan adanya undang-undang itu kami tidak jadi merenovasi Terminal Terboyo, karena terminal itu tipe A yang pengelolaannya akan diambil alih oleh pusat,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang, Agus Harmunanto, kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (18/6) kemarin.

Selain Terminal Terboyo, Agus juga menyampaikan pengelolaan Terminal Mangkang, juga akan berubah menyusul terbitnya UU tersebut. Nanti pihaknya berencana akan mengusulkan agar Terminal Terboyo menjadi terminal barang bukan lagi sebagai terminal penumpang.

”Kebetulan kita butuh terminal barang. Kita tahu di Jalan Ronggowarsito banyak truk parkir di pinggir jalan, sehingga perlu ada terminal sendiri bagi truk-truk untuk parkir di tempat yang lebih aman,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Tata Kota dan Permukiman (DTKP) Kota Semarang, Agus Riyanto, mengatakan, proyek renovasi Terminal Terboyo sudah masuk dalam tahap lelang. Namun sebagai pelaksana di tingkat teknis, pihaknya tetap akan mengikuti aturan yang berlaku.

”Sudah masuk lelang. Karena ada aturan baru ya lelang itu tidak jadi. Kita sih di tingkat teknis, dan selalu mengikuti petunjuk pimpinan kami sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Dishubkominfo Kota Semarang menargetkan program renovasi Terminal Terboyo pada tahap pertama bisa dilaksanakan pada awal Maret 2015. Dengan renovasi tersebut, Dishubkominfo berharap mampu mengubah kesan kumuh terminal tipe A ini, serta mampu mengurangi munculnya terminal tiban (bayangan) yang selama ini masih marak.

Sedikitnya ada 3 item pada tahap pertama renovasi Terminal Terboyo, di antaranya peninggian dan perbaikan landasan, peninggian kios, serta perbaikan tampak depan. Untuk peninggian dan perbaikan landasan, dimaksudkan agar para kru awak bus tidak lagi terganggu dengan banjir dan rob yang selama ini identik dengan Terminal Terboyo. (mha/aro/ce1)