Bank Indonesia Siapkan Tunai Rp 15 Triliun

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

PENUKARAN UANG : Bank Jateng merupakan salah satu bank milik pemerintah daerah yang turut melayani penukaran uang baru selama Ramadan 2015 ini. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PENUKARAN UANG : Bank Jateng merupakan salah satu bank milik pemerintah daerah yang turut melayani penukaran uang baru selama Ramadan 2015 ini. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG–Uang tunai sebesar Rp 15 triliun untuk memenuhi kebutuhan penarikan menjelang Lebaran 2015 ini, disiapkan di lingkungan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) se-Jawa Tengah. Yakni, meliputi Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Jateng, KPw BI Solo, KPw BI Tegal dan KPw BI Purwokerto.

Direktur KPw BI Provinsi Jateng, Marlison Hakim mengatakan bahwa pada tahun 2014, realisasi jumlah penarikan uang oleh perbankan mencapai Rp11,7 triliun. Adapun jumlah penukaran oleh masyarakat pada tahun 2014 mencapai Rp 395 miliar.

“Khusus untuk KPw BI Provinsi Jateng, realisasi jumlah penarikan uang oleh perbankan mencapai Rp 4,2 triliun dan jumlah penukaran oleh masyarakat mencapai Rp123 miliar,” ujarnya, beberapa hari lalu (16/6).

Terkait hal tersebut, seluruh Kantor Perwakilan BI di wilayah Jateng secara serempak akan melakukan kegiatan pelayanan penukaran uang kepada masyarakat. Pelayanan tersebut dibuka mulai hari Selasa dan Kamis di dua minggu pertama bulan Ramadan.

Kemudian pelayanan penukaran uang kepada masyarakat pada 2 (dua) minggu terakhir bulan Ramadan di buka pada hari Senin sampai Kamis, yaitu mulai tanggal 6 hingga 15 Juli 2015.

Waktu penukaran dimulai pukul 08.00 dan akan berakhir bila kartu antrean telah mencapai maksimal 800 (delapan ratus) orang penukar atau waktu telah menunjukkan pukul 12.00.

“Masyarakat dapat menukarkan seluruh pecahan sesuai dengan kebutuhannya. Pada prinsipnya tidak dilakukan pembatasan jumlah penukaran, namun pada pelaksanaannya perlu diatur agar terdapat pemerataan bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Sedangkan Instansi Kantor Pemerintah, BUMN, TNI/Polri juga dapat melakukan penukaran di BI secara kolektif, yaitu dengan cara mengajukan surat permohonan penukaran uang ke BI dan selanjutnya akan dilayani pada hari Rabu.

Selain dapat melakukan penukaran uang di BI, masyarakat juga dapat melakukan penukaran di 7 (tujuh) bank yang ada di sekitar Kota Semarang, yaitu di Bank Pembangunan Daerah Jateng (Bank Jateng), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Central Asia (BCA) dan Bank Panin tanpa dipungut biaya apapun.

Dalam melakukan pelayanan penukaran uang kepada masyarakat, KPw BI Provinsi Jateng juga akan melakukan layanan kas keliling di luar kantor baik di pasar-pasar maupun beberapa kawasan perkantoran.

“Dengan adanya layanan penukaran uang oleh BI dan perbankan, masyarakat diimbau agar tidak melakukan penukaran uang melalui calo maupun perantara lainnya, mengingat terdapat risiko atas kegiatan tersebut. Seperti tidak adanya jaminan ketepatan jumlah uang yang ditukar, kemungkinan menerima uang palsu maupun adanya pungutan biaya,” tandasnya. (dna/ida)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -