Hari Pertama, PPD Online Sulit Diakses

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

SEMARANG – Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik (PPD) SMP secara online di Kota Semarang, Minggu (21/6) kemarin, diwarnai keluhan orang tua calon siswa. Mereka mengeluhkan tidak dapat mengakses formulir pendaftaran. Bahkan ada yang mengulangi hingga 30 kali, namun tetap saja tidak bisa mengakses. Kejadian itu dialami sejak minggu (21/6) pagi, dan baru bisa diakses sekitar pukul 11.20.

Salah satu pendaftar, Yulianto, mengatakan, dirinya tidak dapat mengakses ketika akan memasukkan 4 digit cache di halaman website formulir pendaftaran. Bahkan warga Jalan Cikuray, Kelurahan Gajahmungkur itu mengulangi pendaftaran hingga berkali-kali.

”Anak saya ingin masuk di SMP Negeri 17. Ketika mendaftar kok gagal terus di halaman awal website PPD. Saya bingung akhirnya lapor ke tim pengaduan PPD,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (21/6).

Yulianto menambahkan dirinya mengetahui ada tim pengaduan PPD online dari informasi di media sosial dan berharap semua pendaftar yang mengalami kendala saat pendaftaran online bisa memanfaatkan keberadaan tim tersebut.

Salah satu anggota tim pengaduan PPD online, BS Wirawan, mengakui, pihaknya menerima banyak pengaduan terkait PPD online dan semunya mengeluhkan sulitnya mengakses formulir pendaftaran. Guna memperoleh solusi atas keluhan tersebut, pihaknya langsung menghubungi Dinustek sebagai rekanan pengelola sistem PPD online di Kota Semarang.

”Banyak pengaduan yang masuk. Rata-rata keluhan itu masuk minggu pagi (21/6). Sesuai dengan tugas kita ya kita sampaikan keluhan tersebut ke panitia agar ada solusi pada saat itu juga. Pendaftar kan jadi panik kalo PPD online gak bisa diakses,” katanya.

Selain menerima pengaduan dan keluhan, BS Wirawan menambahkan tim pengaduan juga bertugas mengklarifikasi piagam yang diduga palsu atau abal-abal.

Menanggapi PPD online yang dikeluhkan masyarakat, Direktur PT Dinustek Muhamad Sidiq mengatakan, dari evaluasi yang dilakukan ternyata pendaftar banyak yang salah memasukan 4 digit cache lebih dari 3 kali.

”Contohnya keluhan dari pendaftar di SMP Negeri 2. Dia mengeluh tidak bisa mengakses berkali-kali. Padahal di statistik pendaftaran di sekolah tersebut saya lihat banyak yang bisa masuk. Lha ternyata pendaftar itu salah memasukkan kode huruf cache,” kilahnya.

Sidiq menanambahkan, dengan adanya kendala yang banyak dialami itu, pihaknya melakukan evaluasi dan akhirnya mengganti 4 digit cache dari awalnya kode huruf diubah menjadi gambar. Pihaknya juga mengingatkan kepada pendaftar untuk membaca panduan terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan ketika mengakses website PPD online.

”Minggu (21/6) siang ini (kemarin) jam 11.20, sudah bisa diakses kok. (Cache) Kita ganti pakai gambar. Untuk memudahkan pendaftar, tinggal klik saja gambar yang sesuai tertera di kotak cache,” jelasnya.

Seperti diketahui, PPD online SMP Negeri di Kota Semarang dimulai 21 hingga 25 Juni 2015 melalui online, sedangkan pendaftaran melalui sekolah sampai 26 Juni 2015. (ewb/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -