106 Lolos Administrasi

331
BERSAING KETAT : Sebanyak 106 pelamar mengikuti tes penerimaan karyawan PDAM Tirta Kajen, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BERSAING KETAT : Sebanyak 106 pelamar mengikuti tes penerimaan karyawan PDAM Tirta Kajen, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KAJEN–Sebanyak 106 pelamar dari 516 pelamar kerja di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kajen, Kabupaten Pekalongan, dinyatakan lolos seleksi administrasi. Sebanyak 106 melaju untuk mengikuti test tertulis di Aula lantai 1 Setda Pemkab Pekalongan, Senin (22/6) kemarin.

Setelah mengikuti tes tertulis, 106 peserta tersebut akan disaring lagi menjadi 58 orang yang mendapatkan kesempatan masuk ke tahap tes wawancara. Dari hasil seleksi wawancara, itupun hanya akan diambil 10 orang terbaik sesuai dengan kebutuhan tenaga dari PDAM Tirta Kajen.
Salah satu peserta tes tertulis, Noviaryati, 23, warga Desa Nyamok, Kecamatan Kajen, mengungkapkan bahwa soal-soal tes yang dibuat oleh panitia sangat sulit. Demikian juga dengan waktu yang disediakan terlalu singkat, sehingga banyak soal yang belum sempat terjawab. “Soalnya mudah, hanya jawabnya yang sulit, pengawasnya pun cukup ketat,” ungkap Yati, usai mengikuti tes tertulis.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Kajen, Imam Sulistyo, mengatakan bahwa rekruitmen calon karyawan diserahkan pada tim dari Universitas Diponegoro (Undip), mulai dari seleksi secara tertulis hingga wawancara nanti. “Hal ini sengaja dilakukan, agar PDAM Tirta Kajen mendapatkan pegawai yang berkualitas sebagai upaya mewujudkan peningkatan pelayanan yang prima,” katanya.

Ditambahkan Imam, PDAM Tirta Kajen saat ini membutuhkan 10 orang karyawan yang terdiri atas 4 orang dari pendidikan sarjana untuk menduduki posisi bagian produksi, perencanaa, akuntansi dan hubungan pelanggan atau publik relation. Sedangkan 6 karyawan lainnya, akan ditempatkan pada operator, guna menunjang peningkatan pelayanan pada konsumen. Adapun 6 orang karyawan tersebut atas 4 pria dan 2 wanita.
Menurutnya, sebanyak 10 karyawan nanti, setelah lolos menjalani semua seleksi akan dikontrak kerja dahulu selama 1 tahun. Baru setelah menunjukkan kinerja yang bagus, akan diangkat menjadi calon karyawan PDAM Tirta Kajen.

“PDAM Tirta Kajen butuh karyawan yang sangat berkualitas, karena program pemerintah di tahun 2019 nanti ditargetkan seluruh penduduk Indonesia dapat menikmati air bersih melalui program Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM,” tandas Imam. (thd/ida)