Tersisa Dua Calon Kuat

341

KENDAL – Persaingan calon kepala daerah untuk mendapatkan rekomendasi dari Koalisi Kendal Beriadat KKB semakin sengit. Setelah Wiratno (Dandim 0715 Kendal) keluar dari Koalisi Kendal Beriadat (KKB), kini tinggal dua pendaftar yang tersisa. Yakni Mirna Annisa (Ketua DPC Gerindra Kendal) dan Muhammad Mustamsikin (Wakil Bupati Kendal).

Keduanya harus bersaing mendapatkan rekomendasi sebagai calon bupati atau keduanya berishlah dengan berkolaborasi sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup dan cawabup). Jika keduanya bersatu sebagai satu kesatauan pasangan calon, maka diprediksi akan menjadi lawan kuat yang akan dipertimbangkan oleh calon incumbent, Widya Kandi Susanti yang rencananya akan diusung oleh PDIP. “Sejauh ini yang tersisa tinggal dua nama yang santer dan kuat namanya ada di masyarakat. Yakni Mirna dan Mustamsikin. Tapi kami parpol di KKB masih belum menentukan salah satunya, karena setiap parpol masih menunggu rekomendasi dari DPPnya masing-masing,” kata Wakil Ketua DPD PAN Kendal, Sutono Gimsoe, kemarin.

Ia menambahkan, akan lebih baik jika keduanya bersatu sebagai pasangan calon. Maka ia prediksikan akan menjadi pasangan yang kuat dan memiliki peluang untuk menang lebih besar ketimbang calon-calon lainnya. Dari calon-calon yang mendaftar di Parpol KKB, hanya dua yang terlihat serius. Indikasinya yakni keduanya mendaftar disemua parpol KKB yang membuka pendaftaran calon bupati. Yakni, PPP, PKS dan PAN. “Jadi itu sudah menunjukkan keduanya serius ingin maju sebagai cabup,” imbuhnya.

Perihal adanya isu parpol KKB pecah, menurutnya hal itu bukan masalah. Sebab KKB terdiri dari delapan parpol. Sedangkan untuk mengusung calon hanya butuh sembilan kursi saja. “Jadi kami di KKB itu dua atau tiga parpol tidak masalah,” tambahnya.

Mirna Annisa mengaku tidak keberatan jika harus bersaing ataupun bersatu sebagai pasangan calon dengan Mustamsikin. “Saya yakin, KKB memiliki kriteria tersendiri untuk melihat menentukan dan mengusung salah satu cabup di Pilkada Kendal 2015 ini,” akunya.

Termasuk jika dirinya harus bersatu sebagai pasangan calon dengan Mustamsikin, ia akan sangat senang. “Kalau memang itu yang terbaik menurut parpol di KKB dan restui mayoritas parpol yang ada maupun masyarkaat, saya justru yakin itu akan menjadi yang terbaik,” tambahnya. Nama Mirna sendiri akhir-akhir ini semakin melejit naik terus di dunia media sosial. Bahkan ia digadang-gadang bisa menjadi cabup yang bisa kuat dan dipastikan lolos. Sehingga bisa membawa Kendal yang lebih baik. (bud/fth)