Widya Gelar Tarling dan Ngabuburit

362
RELIGIUS: Bupati Kendal Widya Kandi Susanti dalam kegiatan keagamaan yang digelar baru-baru ini. (HUMAS PEMKAB KENDAL FOR JAWA POS RADAR SEMARANG)
RELIGIUS: Bupati Kendal Widya Kandi Susanti dalam kegiatan keagamaan yang digelar baru-baru ini. (HUMAS PEMKAB KENDAL FOR JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL – Bupati Kendal Widya Kandi Susanti selama Ramadan ini rutin melakukan kegiatan keagamaan. Yakni, dengan menggelar tarawih keliling (tarling) dan buka bersama.

Widya mengatakan, kegiatan ini tidak lain untuk mengakrabkan antaran jajaran pemkab dengan muspida di Kendal. Selain itu, sebagai upaya untuk penyerapan aspirasi dari masyarakat. Sebab kegiatan ini digelar dengan berkeliling dari satu kelurahan ke kelurahan lain setiap harinya. Utamanya, untuk sosialisasi soal pembangunan di Kendal. Seperti Pelabuhan Tanjung Kendal, Kawasan Industri Kendal (KIK) dan infrastuktur jalan kabupaten di Kendal.

”Kami juga berikan apreasiasi kepada masyarakat yang turut membangun Kabupaten Kendal di berbagai bidang,” ujarnya kemarin.
Bupati Widya juga menyampaikan permintaan maaf apabila terdapat kesalahan yang terjadi selama pemerintahannya menjelang purnatugasnya pada Agustus 2015. Dalam kunjungannya saat Tarawih keliling di masjid, Widya menyerahkan bantuan senilai Rp 5 juta untuk pembangunan masjid.

Selain kegiatan tarling, juga akan digelar rangkaian kegiatan ngabuburit yang dilakukan Widya bersama masyarakat. Kegiatan ngabuburit bersama bupati tersebut akan dilaksanakan di Alun-Alun Kendal selama empat minggu, dimulai pada Sabtu (27/6) ini.

Kabag Humas Pemkab Kendal, Heri Wasito, mengatakan, kegiatan ngabuburit kali pertama akan dihibur oleh penampilan Pangsit (eks personel Teamlo) dan Widya Nada Band.

”Kegiatan ngabuburit bareng ini juga akan diisi dengan kegiatan hiburan dan penampilan band-band lokal dari Kendal dan sekitarnya. Jadi, sebelum buka, mereka bisa menikmati hiburan yang disajikan di alun-alun,” ujarnya.

Adapun pergelaran musik yang ditampilkan lebih bertema religi dalam rangka ngabuburit atau menyambut waktu buka puasa. ”Di sini juga akan kami bagikan takjil sebanyak 250 paket kolak dan nasi bungkus, yang akan dibagikan kepada para pengunjung yang hadir di alun-alun Sabtu besok (hari ini),” bebernya.

Dikatakan, tujuan diadakannya kegiatan ngabuburit bersama bupati, antara lain karena pemkab ingin memberikan hiburan bagi masyarakat selama Ramadan. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya pemkab dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat.

Pemimpin Bank Jateng Kendal, Heri Nunggal Supriyadi, mengungkapkan, acara tersebut akan berlangsung setiap Sabtu selama empat minggu. Dimulai sejak 27 Juni, 4 Juli, 11 Juli dan 15 Juli. (bud/aro/ce1)