Tumbuhkan Dunia Kewirausahaan

364

SEMARANG – Serangkaian acara penjaringan wirausahawan muda di Kota Semarang oleh Diplomat Success Challenge (DSC) 2015 telah usai. Namun pendaftaran tetap dibuka sampai 12 Juli mendatang melalui website www.wismilak-diplomat.com.

Program ini sendiri dilakukan untuk turut menumbuhkan dunia kewirausahaan nasional sebagai komitmen mencari ide atau gagasan baru untuk kalangan generasi muda terutama di Kota Semarang. Gelaran yang sudah dilaksanakan enam kali ini kembali hadir dengan memberikan hadiah modal usaha yang lebih besar, yakni senilai Rp 2 miliar termasuk program bimbingan manajemen bagi pemenang.

Menurut Surjanto Yasaputera selaku Chief Board of Commissioner Wismilak Diplomat Success Challenge, Kota Semarang sendiri adalah kota yang tergabung dalam central region yang terpusat di Jogjakarta. Beberapa tahapan serta acara telah di selenggarakan oleh tim DSC regional Kota Semarang untuk melakukan pencarian dan seleksi bibit – bibit wirausaha potensial di kota Semarang dan sekitarnya.

Lanjut diirinya, perbedaan proses seleksi tahun ini dengan tahun – tahun sebelumnya adalah, proses seleksi DSC 2015 melalui beberapa rangkaian event yang diselenggarakan dan ditujukan langsung ke masyarakat dan mahasiswa. “ dimulai dengan menggelar talk show tentang enterpreunership atau kewirausahaan dibeberapa kampus yakni di Undip dan UKSW salatiga beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Kompetisi tersebut terbuka untuk wirausaha dan calon wirausaha muda. Artinya ajang kompetisi DSC terbuka baik untuk mereka yang telah memiliki embrio usaha dan telah menjalankan usahanya, dan tidak tertutup bagi mereka yang baru mempunyai rencana usaha namun memiliki kendala modal usaha. “Program ini membuka peluang bagi wirausaha dan calon wirausaha yang mungkin saat ini masih bekerja profesional namun sebenarnya berminat untuk berwirausaha, tapi terhambat masalah permodalan,” katanya. (den/smu)