Kunjungi Kiai, Truk Digasak Pencuri

399

SUMOWONO – Nasib apes dialami Budi Rahayu, 36, warga Dusun Kauman, Desa/Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung. Truk miliknya seharga Rp 260 juta yang masih profit digasak pencuri saat diparkir di pinggir jalan di Desa Jubelan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Kasus pencurian tersebut selanjutnya dilaporkan ke Mapolsek Sumowono.

Kepada polisi Budi melaporkan, peristiwa tersebut berawal ketika korban mengunjungi Kiai Mudakir di Desa Jubelan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang sekitar pukul 21.30. Kedatangan korban ke rumah Kiai Mudakir bertujuan untuk mengundang kiai tersebut mengisi pengajian dalam acara Halal Bi Halal yang akan diselenggarakan setelah Lebaran di Desa Kembangsari, Kandangan, Temanggung.

Sampai di lokasi kejadian, korban memarkirkan truknya di pinggir jalan. Selanjutnya korban berjalan masuk ke kampung menuju rumah Kiai Mudakir. Setelah bercengkrama membahas rencana pengajian dan Halal bi Halal sekitar 1,5 jam, korban pamit pulang. Namun dia terkejut ketika truk tidak ada di lokasi parkir. Kemudian korban bertanya pada warga di sekitar lokasi parkir truk bernomor rangka MHMFE74P5PK145005, namun warga tidak mengatahui siapa yang membawa kabur truk tersebut. “Padahal truk itu sudah saya kunci,” tutur Budi saat melapor kepada petugas Sentral Pelayanan Kepolisian Polsek Sumowono.

Kasat Reskrim Polres Semarang AKP Herman Sophian mengatakan, hingga saat ini tercatat ada dua kasus pencurian truk di Kecamatan Sumowono. Modusnya diduga menggunakan kunci palsu dan mencari sasaran kendaraan niaga yang ditinggal tanpa pengawasan.

“Sebelumnya ada juga pencurian truk, lalu terjadi lagi di Sumowono jadi sudah dua kali ini. Saat ini kami masih melakukan penyelidikan. Kami harap masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pengamanan tambahan. Sebab menjelang Lebaran kasus kriminalitas biasanya meningkat,” tuturnya. (tyo/ric)