Buka Peluang Diusung Parpol Lain

328
Masruhan Samsurie. (Radar semarang files)
Masruhan Samsurie. (Radar semarang files)

SEMARANG – Meski dualisme kepengurusan di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih belum rampung, DPW PPP Jateng tetap optimistis bisa ikut memeriahkan perhelatan Pilkada Desember mendatang. Bahkan, DPW PPP Jateng memastikan pekan depan konflik bakal menemui titik terang. Meski begitu, partai berlambang Kakbah itu tetap membuka peluang jika ada kader yang ingin merapat atau diusung parpol lain.

Ketua DPW PPP Jawa Tengah, Masruhan Samsurie mengatakan, perkembangan di tingkat pusat sudah menunjukan ke arah titik terang. Pihaknya menegaskan, PPP masih memiliki harapan untuk bertarung dalam Pilkada. Sebab, masa pendaftaran calon kepala daerah masih sampai akhir Juli. ”Kami masih optimistis masih memiliki harapan bisa ikut dalam pilkada,” katanya, kemarin.

Ia menambahkan, masih belum kelarnya konflik internal partai membuat sejumlah kader cukup kebingungan. Bahkan sejumlah kader seperti di Kabupaten Rembang dan Blora sudah memilih maju melalui jalur independen. Selain itu, sejumlah parpol sudah menyatakan diri untuk mengusung kader PPP tersebut. ”Kalau memang ada partai yang mengusung kader kami (PPP, Red) tidak masalah. Asalkan bisa menang dan amanah, kami tetap mendukung,” imbuhnya.

Dalam pilkada di 21 daerah, PPP Jateng mengaku memiliki kader partai yang potensial dan memiliki elektabilitas tinggi. Seperti di Kabupaten Rembang, Blora, Kendal, Pemalang, Kota Pekalongan, serta Kabupaten Purbalingga. ”Ada sebagian kader murni, tapi ada juga yang memiliki ikatan emosional dengan partai. Kami tetap bakal mendukung kader yang maju jalur independen atau partai lain,” tambahnya.

Sejauh ini, PPP merupakan salah satu parpol yang tidak bisa mengusung calon sendiri. Jika nanti bisa ikut pilkada, PPP bakal berkoalisi dengan parpol lain agar bisa mengusung calon kepala daerah. ”Kalau kami tidak bisa mengusung, kami akan mendukung kader agar bisa menang dalam pilkada,” tambahnya. (fth/ric/ce1)