Hari Ini, Teken Kerja Sama

375

SEMARANG – Pelaksanaan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015 di Jawa Tengah yang sebentar lagi dihelat Jawa Pos Group dipastikan akan berlangsung meriah. Pasalnya, kegiatan yang bertujuan untuk menggali kreativitas dan kompetisi bagi anak-anak Pramuka itu ternyata mendapat dukungan penuh dari Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Tengah. Sesuai rencana, hari ini (Rabu, 1/7) akan dilaksanakan penandatanganan MoU antara Jawa Pos Group dan Kwarda Jateng di Gedung Pramuka Jalan Pahlawan No 8 Semarang.

Ketua Kwartir Daerah Jateng Prof Dr Ir S Budi Prayitno, MSi saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, penandatangan MoU ini sebagai tindak lanjut atas MoU yang dilakukan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault dan CEO Jawa Pos Group Azrul Ananda di sela-sela Rakernas Gerakan Pramuka 2015 di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Melalui MoU ini nantinya dapat digunakan sebagai penguat pelaksanaan ISC di tingkat Kwarcab (Kwartir Cabang) yang berada di 35 kabupaten/kota. Sehingga pelaksanaannya menjadi maksimal,” ungkapnya.

Budi berharap seluruh Kwarcab dapat memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya. Menurut dia, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menggairahkan kembali kegiatan Pramuka khususnya di Jawa Tengah. “Ini dapat menambah dinamika adik-adik dalam berkegiatan. Sehingga Gerakan Pramuka khususnya di Jateng semakin Berjaya,” imbuh pria yang juga sebagai guru besar Undip Semarang itu.

Kegiatan Indonesia Scouts Challenge (ISC) akan menjadi ajang adu keterampilan dan kreativitas bagi anggota Pramuka tingkat penggalang. Apalagi konsep yang diusung juga menggembirakan. Selain itu, juara di tingkat nasional juga akan berkesempatan mengunjungi Amerika Serikat.

Ketua Kwartir cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Temanggung Bambang Arrochman menilai konsep yang ditawarkan ISC sangat menarik untuk pengembangan Pramuka. Pihaknya masih akan membahas lebih detail dengan para pengurus. ”Secara umum gambaran Indonesia Scouts Challenge cukup bagus, tapi kita perlu beberapa kali rapat lagi untuk mendiskusikan bersama,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, menggelar acara yang besar memang tidak mudah. Harus melalui perencanaan yang matang. Apalagi kegiatan ini akan diikuti ribuan siswa kelas 4 dan 5 SD atau usia maksimal 12 tahun.(fai/ton/zal/ce1)