PAN Turunkan Abdul Hakam Naja

419

SEMARANG – Tidak mau kalah dengan partai-partai lain, Partai Amanat Nasional (PAN) juga mengajukan kader internalnya untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jawa Tengah. Tidak main-main, mantan anggota DPR RI Abdul Hakam Naja didapuk menjadi bakal calon Wali Kota Pekalongan.

”Kriteria Pak Hakam sangat baik. Kami percaya dia diusung sebagai nomor satu (wali kota). Kalau wakilnya, kita masih mengomunikasikan dan terus melakukan pendekatan dengan partai lainnya,” ungkap Wakil Ketua Desk Pilkada PAN Jateng Aris Setiono ditemui di ruang Fraksi PAN DPRD Jateng, kemarin.

Aris menjelaskan, Abdul Hakam Naja menjadi satu-satunya kader internal yang diusung PAN dalam mengikuti pilkada yang digelar di 21 kabupaten/kota di Jateng. Hanya saja, dalam pencalonan ini tidak dapat mengajukan calon sendiri. Sebab, PAN hanya memililiki tiga kursi DPRD setempat. ”Kita akan kejar untuk melakukan koalisi. Saat ini kami masih wait and see untuk mengetahui respons setelah nama Pak Hakam muncul,” imbuhnya.

Di luar Kota Pekalongan, lanjut Aris, PAN hanya bisa berpartisipasi dalam koalisi. Kecuali di Kabupaten Blora yang memang tidak memiliki kursi. Kendati demikian, ia mengklaim PAN telah melakukan pemetaan dan pengelompokan potensial kemenangan calon yang diusung.
”Dalam hal ini kami tidak melihat dari kepentingan partainya saja. Tapi juga kemampuan calon dalam memimpin. Jangan sampai, setelah terpilih malah pecah. Itu tentu merugikan banyak orang, banyak parpol, dan banyak kepentingan umum,” tandas pria yang juga menjabat Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jateng itu. (fai/ric/ce1)