Spesialis Curanmor Tukang Ojek, Ditangkap

429

KENDAL – Entah apa yang ada dalam benak pikiran Darmanto, 40, warga Kecamatan Kendal. Betapa tidak, untuk mencukupi kebutuhan hidup ia nekat melakukan aksi pencurian sepeda motor. Beruntung, aksinya akhirnya terbongkar dan pelaku berhasil dibekuk petugas Satreskrim Polres Kendal.

Kasat Reskrim Polres Kendal, Iptu Fiernando Andriansyah mengatakan, tersangka Darmanto terbukti sudah melakuakn pencurian berkali-kali. Dari pengakuannya, Darmanto merupakan speasialis pencuri sepeda motor. Aksinya tidak hanya dilakukan di Kendal, tapi jua beberap daerah lain yang pernah pria yang bekerja sebagai sopir truk ini. “Dari pangkuan tersangka sudah melakukan aksi pencurian sebanyak 10 kali,” katanya, kemarin.

Ia menambahkan, modus yang digunakan pelaku yakni pura-pura sewa ojek untuk minta diantar ke suatu tempat. Sebab pelaku mengaku rata-rata sudah mengenal dekat calon korbannya. Begitu korban lengah, motornya dibawa kabur oleh pelaku. Pihak kepolisian masih mengembangkan kasus tersebut apakah, pelaku menjalankan aksinya sendirian atau ada pelaku lain. “Selain itu untuk mencari 10 motor lainnya yang sudah dijual oleh korban kepada penadah di Wonosobo,” tambahnya.

Tersangka Darmanto mengaku mencuri sepeda motor sudah 10 kali. Di Kota Semarang sebanyak dua kali, Kabupaten Semarang empat kali, Temanggung tiga kali dan di Kendal satu kali. “Saya lakukan sendiri, dan barangnya saya jual ke wonosobo,” katanya.

Ia menambahkan, pencurian dilakukan dengan cara memperdaya orang-orang yang sudah dikenal. Yakni berpura-pura minta tolong atau melhat korbannya lengah. Namun ternyata kemudian sepeda motor tersebut langsung dibawa kabur untuk dijual. Darmanto menjelaskan, motor-motor yang sudah dicurinya selanjutnya dia jual ke daerah Wonosobo dengan harga antara Rp1 Juta hingga Rp2 juta. “Saya jual kepada Nusoko dan Fauzi. Hasilnya uangnya saya buat untuk senang-senang,” tambahnya. (bud/fth)