Bantu Warga Dapatkan Jajan Murah

525
JELANG LEBARAN: Sejumlah warga menjajakan jajanan dan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Bazar Ramadan tersebut digelar di lapangan Blok C Perumahan Mijen Permai, kemarin. (FOTO: AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JELANG LEBARAN: Sejumlah warga menjajakan jajanan dan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Bazar Ramadan tersebut digelar di lapangan Blok C Perumahan Mijen Permai, kemarin. (FOTO: AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

MIJEN – Aneka jajanan khas Lebaran seperti kue kering, roti kaleng, kacang, dan lain sebagainya digelar di Bazar Ramadan di lapangan Blok C Perumahan Mijen Permai, kemarin (5/7). Semua yang ditawarkan di bazar itu sengaja dibanderol lebih murah daripada tempat lain untuk meringankan warga setempat dalam memeriahkan Lebaran.

Tidak hanya itu, paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, mi instan, dan telur juga dibanderol dengan harga ekonomis. Ketua Panitia Rini Yuliastuti menuturkan, sebanyak 20 stan yang menggelar lapak ini merupakan wujud dari aksi sosial. Selain agar warga mendapatkan kebutuhan Lebaran dengan harga yang terjangkau, laba yang didapat akan disumbangkan ke Panti Asuhan Nuruz Shomad di Desa Tambangan.

”Bazar Ramadan ini merupakan salah satu dari rangkaian program kerja pengurus RT 8 RW 7 Perumahan Mijen Permai dalam memberdayakan warga. Kami sengaja menggandeng beberapa sponsor agar bisa mendapatkan barang murah,” ungkapnya.

Selain sembako dan kudapan khas Lebaran, ada beberapa stan yang menyediakan kebutuhan sekolah. Pasalnya, Lebaran ini juga mendekati tahun ajaran baru sekolah yang pastinya akan banyak pelajar yang butuh peranti baru. ”Paling tidak ada 200 paket yang terjual di Bazar Ramadan ini,” imbuh Rini.

Sementara itu, Lurah Mijen Bambang Sugiharso mengaku apresiatif kegiatan sosial warga ini. Menurutnya, kegiatan semacam ini mampu membawa dampak positif sekaligus menggugah kepedulian sesama warga. Hal ini sangat sejalan dengan program-program kelurahan dalam membangun masyarakat yang sejahtera.

Bazar Ramadan ini, kata Bambang, bisa jadi barometer kelurahan dalam berinovasi. Tidak hanya pembangunan fisik saja, program-program sosial juga harus digalakkan demi kesejahteraan warga.

”Baru kali ini ada bazar yang sifatnya umum untuk seluruh warga di Kecamatan Mijen. Pastinya ini akan menjadi motivasi daerah lain untuk menggelar acara sosial seperti ini. Kedepan jangan hanya tingkat RT yang dilibatkan dalam struktur kepanitiaan. Kalau bisa tingkat RW atau kelurahan sekalian agar makin meriah,” pesannya.

Ditambahakan Ketua RT 8 RW 7 Hardi, Bazar Ramadan ini akan digelar setiap tahun untuk membangun tradisi positif di wilayah Perumahan Mijen Permai. Bahkan dia berencana akan menambah bumbu-bumbu sebagai rangkaiannya.

”Seperti 30 Agustus mendatang, kami akan menggelar donor darah atas nama Prakarsa Remaja RT 8. O iya, Bazar Ramadan ini juga disisipi peresmian taman bermain anak. Taman ini juga bentuk kepedulian kami untuk mewadahi anak-anak dalam bermain. Agar mereka tidak bermain di jalanan yang risikonya tinggi,” tegasnya. (amh/zal/ce1)