Curi Air PDAM Pakai Truk Tanki

365

UNGARAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Serasi Kabupaten Semarang selama ini kecolongan. Sebab pasokan air dicuri oleh awak truk tanki tak dikenal melalui hidran di daerah Harjosari, Kecamatan Bawen. Air PDAM tersebut kemudian dijual bebas oleh para awak truk tanki air. Saat ini PDAM Kabupaten Semarang masih melakukan pantauan dan pengawasan untuk menangkap pelaku pencurian air dalam jumlah besar tersebut.

Dirut PDAM Kabupaten Semarang, Agung Subagyo mengatakan, kasus pencurian air tersebut diketahui dari laporan masyarakat sekitar Harjosari, Bawen. Awalnya masyarakat tidak curiga adanya aktifitas pencurian air pada malam hari yang dilakukan sejumlah truk tanki air. Namun karena aktifitas tersebut sering dilakukan sehingga masyarakat mulai curiga dan menanyakan apakah ada tanki air PDAM yang menyedot air dari hidran Harjosari.

“Warga itu tahunya truk tanki kita, sehingga didiamkan saja. Padahal kita tidak pernah mengambil air dari hidran. Ternyata aktifitas itu sudah berlangsung lama dan dilakukan malam hari. Kasus pencurian ini sudah masuk pelanggaran pidana dan bisa kami lanjutkan ke ranah hukum,” tutur Agung Subagyo, Minggu (5/7).

Selain pencurian air di Harjosari Bawen, pihaknya juga telah melakukan operasi rutin. Hasilnya ditemukan pelanggaran yang dilakukan pelanggan di salah satu perumahan di Babadan, Ungaran. Pelaku langsung ditindak dan dikenai denda. Pelanggaran yang kerap dilakukan warga yakni by pass pipa PDAM sebelum masuk meteran, satu sambungan untuk dua rumah, merubah meteran, serta mencoblos dengan jarum untuk memperlambat meteran.

“Selain kami melakukan operasi rutin dan memperketat pengawasan dan pantauan, juga meminta bantuan masyarakat. Bagi penemu dan pelapor adanya pelanggaran akan diberi hadiah sebesar 10 persen dari biaya denda yang dibayarkan pelaku. Selain itu kami berharap masyarakat juga segera melapor jika ada kebocoran pipa sehingga bisa segera ditangani,” ungkapnya.

Ditambahkan, Humas PDAM Wicaksono Suwandi, pihaknya tidak henti-hentinya memberikan himbauan agar masyarakat menghemat air. Selain itu turut serta menjaga lingkungan sehingga air tetap terjaga. PDAM Kabupaten Semarang, juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memasang sambungan baru. Selain untuk meringankan beban masyarakat, sekaligus upaya pencapaian target 3.000 pelanggan baru.

“Dalam rangka peringatan Ramadan dan HUT Kemerdekaan, kami memberikan keringanan biaya pemasangan sambungan baru mulai 6 Juli hingga 31 Agustus 2015. Untuk paket tertinggi dengan sambungan pipa 20 meter, tarif regular Rp 1.126.000, untuk tarif promo hanya membayar Rp 1.078.400 dan dapat dibayarkan 3 kali angsuran,” pungkasnya. (tyo/ric)