Memotret Mainan Jadi Gambar yang Terkesan Hidup

Must Read

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu...

HOBI BARU: Aktivitas toys photography kini merambah para pencinta mainan di Kota Semarang. (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
HOBI BARU: Aktivitas toys photography kini merambah para pencinta mainan di Kota Semarang. (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

Para pencinta mainan kini tengah demam toys photography. Mereka memotret mainan koleksinya menjadi gambar yang terkesan hidup. Seperti apa?

ADENNYAR WYCAKSONO

MAINAN bukan hanya menjadi benda koleksi. Dunia fotografi bisa menyulap mainan menjadi sebuah karya seni tinggi berupa gambar hingga mainan tersebut terkesan hidup. Membuat karya seni ini rupanya lebih sulit dibandingkan mengarahkan seorang model dalam pemotretan.
Toys Photography memang tengah meracuni pencinta mainan di Kota Semarang. Selain untuk dokumentasi pribadi, hasil jepretan kamera toys photography bisa dipamerkan ke khalayak luas dengan dalih menunjukkan eksistensi dan koleksi yang dimiliki.

Ini seperti yang dilakukan sejumlah pencinta mainan yang mengenalkan toys photography di Taman Menteri Supeno, Minggu (5/7) pagi kemarin. Aksi mereka sukses menyita perhatian para pengunjung Car Free Day (CFD). Tak jarang, sejumlah pengunjung CFD pun ikut mengabadikan mainan seperti Gundam, Action Figure, Hotwheels dan lainnya dalam bidikan lensa.

”Kelebihannya memotret mainan adalah leluasa mengarahkan gaya. Sedangkan kesulitannya adalah mainan tidak bisa berekspresi, tinggal pintar-pintarnya kita menggerakkan mainan dan membidik dari sudut yang tepat,” kata Rosalinda Firdaus, 19, kolektor Action Figure.
Ade Lukmono, penggagas acara tersebut mengatakan, kegiatan tersebut sebagai ajang kumpul para pencinta Action Figure untuk mengisi liburan, dan menjadi ajang sharing antar pencinta mainan. ”Belum menjadi sebuah komunitas. Namun kami sering berkumpul untuk mengisi liburan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, sebelumnya ia dan teman-temannya sering mengadakan hunting bareng toys photography. Para pencinta mainan ini juga saling mengunggah hasil jepretan masing-masing di Twitter dan Instagram. Dari ketertarikan yang sama itu, mereka akhirnya mengadakan gathering untuk tukar-menukar objek foto.

”Dalam toys photography, tidak hanya dibutuhkan kemampuan untuk menjepret mainan dengan kamera. Yang paling penting adalah memosekan mainan sehingga terlihat hidup,” tuturnya.

Untuk menghasilkan gambar yang bagus, jelas dia, hal terpenting juga adalah cara mengambil angle dengan membuat proporsi mainan dengan ukuran 1 banding 1.

”Setelah diunggah ke media sosial, biasanya menjadi bahan sharing atau evaluasi antar pencinta mainan untuk menghasilkan gambar yang lebih baik ke depannya,” katanya. (*/aro/ce1)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Latest News

Makan Menko

Pak Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD. Tapi saya lagi di...

Sepanjang Tahun 2019 Ada 1.576 Calon Janda Baru di Kajen

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Sepanjang tahun 2019 hingga bulan Desember kemarin, tercatat Pengadilan Agama Kajen sebanyak 1.576 terjadi kasus gugat cerai. Hal itu disampaikan oleh...

Langkah Kecil

Mereka baru sebulan kuliah di mancanegara. Di Zhejiang University of Technology. Tiga wanita berjilbab itu. Tiga lagi laki-laki --satu anak kiai, satu lagi anak...

Neo Mustaqbal

Sejarah dunia akan dibuat oleh Arab Saudi. Sejarah pertama: Aramco akan go public --dengan nilai yang belum ada duanya di dunia: Rp 28.000.000.000.000.000. Kedua: hasil IPO itu akan...

Rumah Kita

Kaget-kaget senang: Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tahun 2021. Sepak bola Indonesia diakui dunia. Prestasi Presiden Joko ”Jokowi” Widodo kelihatan nyata...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -