Mesin Dinyalakan, Angkot Ludes Terbakar

299

TLOGOSARI – Angkutan kota (Angkot) nomor 33 jurusan Johar-Tlogosari terbakar di Jalan Parang Sarpo, Tlogosari Semarang. Api tiba-tiba muncul saat mesin dinyalakan oleh sopir angkot tersebut.

Tentu saja hal itu membuat sejumlah warga kepanikan dan berusaha memadamkan menggunakan peralatan seadanya.

Sopir angkot, Budiman, 29, warga Genuksari Semarang mengatakan kebakaran yang melumat angkot miliknya terjadi sekitar pukul 11.45. Saat itu, ia baru saja mengambil angkot tersebut dari sebuah bengkel. ”Saya baru saja mengambilnya dari bengkel, lalu memarkirkan di tepi jalan belakang swalayan Giant Tlogosari,” kata Budiman, kemarin.

Dia bermaksud ngetem untuk menunggu penumpang. Alih-alih masih sepi penumpang, Budiman mengecek kondisi mesin mobil karena usai diservis. ”Saya membuka jok untuk mengecek kondisi kelistrikan di mesin mobil. Saat saya menyalakan kontak, enggak tahu kenapa ada api di bagian mesin,” ungkapnya.

Sontak, ia kepanikan dan berusaha mencari cara memadamkan api. Namun api justru menyambar bagian mobil yang lain. ”Api dengan cepat membesar. Saya kepanikan untuk memadamkannya,” katanya.

Dalam kondisi panik tersebut, ia dibantu sejumlah warga yang berusaha memadamkan api menggunakan, Apar, ember dan peralatan seadanya. ”Sempat ada ledakan. Kemungkinan api saat membakat tangki bahan bakar,” imbuh saksi, Bowo.

Tim pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian berhasil menjinakkan api dalam waktu tidak lama. Namun angkot bernopol H-1181-BA itu sudah ludes, tinggal menyisakan rangka.

Tim kepolisian yang tiba di lokasi kejadian melakukan identifikasi dan memintai keterangan sejumlah saksi. Belum diketahui penyebab kebakaran secara pasti. Namun dugaan sementara, kebakaran disebabkan karena korsleting arus pendek yang terjadi di bagian mesin. (amu/zal/ce1)